sign up SIGN UP search


kehamilan

Jadi Bumbu Dapur Wajib, Amankah Bawang Putih Dimakan Ibu Hamil?

Khesedtov Bana   |   Haibunda Senin, 12 Sep 2022 16:50 WIB
Ilustrasi bawang putih Jadi Bumbu Dapur Wajib, Amankah Bawang Putih Dimakan Ibu Hamil?/Foto: Getty Images/iStockphoto/MariaDubova
Jakarta -

Kehamilan memang merupakan momen spesial bagi Bunda dan Ayah. Pada momen inilah biasanya Bunda akan lebih banyak memerhatikan kesehatan fisik dan mental, hingga asupan makanan yang Bunda dapatkan.

Di antara banyak makanan yang didebatkan boleh atau tidaknya, ada satu makanan yang masih dipertanyakan yaitu bawang putih. Bunda sendiri pasti paham betul bahwa bawang putih masih menjadi salah satu bumbu dapur yang selalu hadir dalam setiap hidangan.

Akan sulit menghindari konsumsi bawang putih dalam hidangan Indonesia, ya Bunda. Jika Bunda masih bertanya-tanya akan keamanan dari konsumsi bawang putih, yuk kita bahas Bunda.


Khasiat bawang putih

Melansir dari laman Times of India, bawang putih memberikan banyak nutrisi, vitamin, dan mineral bagi tubuh, bahkan merupakan asupan anti-bakteri natural.

Bawang putih juga dapat menormalisasi aliran darah dalam tubuh, dan menyeimbangkan fungsi hormonal, lho Bunda. Bawang putih juga mengandung allicin, yang efektif bekerja untuk melawan kuman dan virus.

Amankah bawang putih untuk ibu hamil?

Ada beberapa makanan yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil, dan ada beberapa yang membahayakan. Bawang putih tidak berada dalam kedua kategori tersebut.

Melansir Healthline, bawang putih dianggap aman dikonsumsi kok selama Bunda hamil. Menyantap bawang putih dalam porsi di sebuah hadangan, dianggap aman. Walau begitu, bawang putih bisa memicu GERD atau gejala iritasi usus besar bagi beberapa orang.

Saat ini, tidak ada jumlah aman yang pasti dalam mengonsumsi bawang putih per harinya, baik untuk umum maupun ibu hamil. Lantaran belum ada jumlah pasti bagi asupan bawang putih harian, Bunda bisa konsultasikan dengan dokter terkait dengan pola makan Bunda, ya.

Manfaat bawang putih untuk ibu hamil

Konsumsi bawang putih dapat memberikan beberapa manfaat untuk ibu hamil, seperti:

1. Dapat mencegah preeklamsia

Preeklamsia merupakan komplikasi yang bisa hadir setelah minggu ke-20 kehamilan, komplikasi ini dikategorikan dari tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi selama kehamilan bisa menyebabkan beberapa risiko lain yaitu:

  • Aliran darah yang berkurang
  • Pertumbuhan janin menurun
  • Kelahiran prematur

2. Dapat menurunkan risiko kelahiran prematur mendadak

Mayoritas kelahiran prematur terjadi secara tiba-tiba. Dalam sebuah studi, diketahui bawang putih dan buah-buahan kering dapat mengurangi risiko kelahiran prematur yang mendadak, para peneliti menyimpulkan hal ini berkaitan dengan sifat antimikroba dan prebiotik bawang putih.

Kita lanjut ke halaman berikutnya ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang Gracia Indri yang harus makan nasi saat hamil trimester 1:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
EFEK SAMPING KONSUMSI BAWANG PUTIH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!