sign up SIGN UP search


kehamilan

Makanan Penambah Darah Ibu Hamil, Ini Dia Porsi Pas dan Pilihan Menunya

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Jumat, 16 Sep 2022 21:50 WIB
Ibu hamil makan caption
Jakarta -

Selama paruh terakhir kehamilan, tubuh Bunda memproduksi lebih banyak sel darah merah untuk memasok darah yang cukup untuk Bunda dan Si Kecil. Setiap sel darah merah menggunakan zat besi sebagai intinya. Zat besi ini tidak dapat dibuat oleh tubuh Bunda, melainkan harus diserap dari makanan yang Bunda konsumsi. 
 
Mengutip dari Ucsfhealth Org, meskipun zat besi ditemukan dalam banyak makanan, tidak semua makanan yang mengandung zat besi dapat diserap dengan mudah oleh tubuh Bunda. Sehingga, sulit bagi tubuh Bunda untuk mendapatkan cukup zat besi untuk memenuhi kebutuhannya selama kehamilan. Ketika Bunda tidak memiliki cukup zat besi dalam makanan, Bunda dapat mengalami kekurangan sel darah merah yang biasa disebut anemia. Meski begitu, anemia defisiensi besi sangat umum dan mudah untuk diatasi ya.

Lantas bagaimana caranya agar kebutuhan sel darah merah Bunda tercukupi selama kehamilan? Yuk ketahui makanan apa saja yang bisa menambah darah Bunda selama hamil. Simak terus ya.

Makanan penambah darah ibu hamil

Melansir dari Verywell Family, tubuh ibu hamil membutuhkan dua kali lipat jumlah zat besi daripada biasanya. Itu karena zat besi sangat penting untuk sel darah merah ekstra yang akan dibuat tubuh Bunda untuk bayi. Sel darah merah membawa oksigen ke organ dan jaringan Bunda serta janin. 
 
American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menekankan bahwa penting untuk ibu hamil untuk makan makanan yang seimbang dan memberikan perhatian khusus pada kebutuhan harian untuk nutrisi tertentu. Zat besi dan asam folat termasuk yang paling penting.


Folat mudah diserap dan ditemukan di sebagian besar sayuran hijau. Sementara itu, bentuk zat besi dalam produk daging, yang disebut heme, lebih mudah diserap daripada zat besi dalam sayuran, Bunda.
 
Zat besi penting selama kehamilan, bahkan lebih penting lagi pada trimester kedua dan ketiga. Karena sebenarnya tubuh tidak memproduksi zat besi, Bunda perlu mendapatkannya dari makanan dan suplemen ya.
 
Makanan yang secara alami tinggi zat besi bisa sangat membantu dalam mencegah anemia dan oleh karena itu mengurangi gejala yang ditimbulkannya. Zat besi ditemukan dalam makanan dalam dua bentuk yakni besi heme dan non-heme. Besi heme adalah yang paling efisien digunakan oleh tubuh dan kecil kemungkinannya untuk terpengaruh oleh komponen yang mungkin mengurangi penyerapan.

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk untuk tahu pilihan makanan penambah darah ibu hamil.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 cara mencegah anemia pada ibu hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PORSI DAN PILIHAN MAKANAN PENAMBAH DARAH IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!