sign up SIGN UP search


kehamilan

Pentingnya Asupan Asam Folat untuk Ibu Hamil, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 12 Sep 2022 15:10 WIB
Ilustrasi Vitamin Ibu Hamil caption
Jakarta -

Suplementasi asam folat kerap diberikan saat hamil bahkan sebelum mempersiapkan kehamilan. Lalu seberapa penting asupan asam folat ini untuk perkembangan janin ya, Bunda?

Menurut Staf Medis Women Health Service RSUPN CM, dr. Ilham Utama Surya SpOG, asam folat merupakan vitamin B9 larut air. Vitamin ibu hamil atau bumil ini bekerja dengan cara memperbanyak jumlah sel, serta berfungsi sebagai enzim metabolisme dan meregulasi genetik.

Asam folat cegah cacat tabung saraf

Asam folat dapat mencegah cacat tabung saraf atau neural tube defect (NTDs). Kelainan ini terjadi ketika tulang belakang dan sumsum tulang belakang tidak terbentuk dengan baik, Bunda.


"Penelitian menunjukkan, pemberian asam folat dapat menurunkan kadar homosistein yang berdampak pada penurunan risiko gangguan pembentukan saraf janin hingga 87 persen. Perlu diketahui, cacat tabung saraf dapat terjadi di bulan pertama kehamilan," kata Ilham kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Selain itu, konsumsi asam folat bersamaan dengan vitamin B12 juga dapat mengatasi anemia megaloblastic yang dapat terjadi pada kehamilan. Menurut American Congress of Obstetrics and Gynecologists (ACOG), konsumsi asam folat bersama nutrisi lainnya juga penting, seperti zat besi, kalsium, vitamin D, omega-3, dan vitamin C.

Asam Folat untuk program hamilAsam Folat untuk program hamil/ Foto: Mia Kurnia Sari

Manfaat lain asam folat untuk bumil

Berikut manfaat lain asam folat untuk bumil, selain untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin:

1. Menurunkan risiko penyakit jantung bawaan

Asam folat juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung bawaan pada janin. American Heart Association (AHA) menjelaskan, cacat jantung bawaan terjadi ketika jantung atau pembuluh darah tidak berkembang secara normal sebelum lahir, dan dapat memengaruhi dinding interior jantung, katup jantung, atau arteri, serta vena jantung.

2. Menurunkan risiko bibir sumbing

Studi di British Medical Journal tahun 2007 menemukan manfaat asam folat untuk janin yang sedang berkembang, Bunda. Risiko janin terkena bibir sumbing bisa turun pada bumil yang mengonsumsi asam folat di awal kehamilan secara rutin.

3. Menurunkan risiko keguguran

Konsumsi asam folat juga dapat menurunkan risiko keguguran di awal kehamilan. Studi menemukan, kekurangan asam folat dikaitkan dengan peningkatan hingga 50 persen risiko keguguran dini, Bunda.

Bunda dapat memenuhi kebutuhan asam folat dari makanan dan vitamin hamil ya. Lalu berapa dosis asam folat yang dibutuhkan selama kehamilan?

Baca halaman berikutnya yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga serba-serbi kebutuhan kalsium untuk bumil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
KEBUTUHAN ASAM FOLAT PER HARI SELAMA HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!