sign up SIGN UP search


kehamilan

Anak Ngeces karena Ngidam Bunda Hamil Tak Keturutan? Simak Faktanya Yuk...

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Senin, 20 Jun 2022 07:00 WIB
Ilustrasi ibu hamil minum Ngidam saat hamil/ Foto: /iStockphoto

Jakarta - Ibu hamil tentu sudah enggak asing dengan istilah ngidam. Apakah Bunda juga mengalaminya saat hamil kali ini?

Ngidam seringkali dikaitkan dengan keinginan ibu hamil yang harus dipenuhi agar buah hatinya nanti tidak ngeces saat sudah lahir. Hal ini tentu menarik untuk kita kupas lebih jauh ya, Bunda, mengapa ada keinginan yang sangat menggebu-gebu selama kehamilan.

Dalam istilah ilmiah, mengutip penjelasan Sciencedirect melalui salah satu publikasi penelitian dengan judul Apakah ada Hubungan antara Perilaku Anak dengan Ngidam Makanan Saat Hamil? Ngidam diistilahkan sebagai kelaparan selektif, Bunda.


Sebab, Bunda hanya menginginkan salah satu jenis makanan tersebut secara menggebu. Seolah tidak bisa diganti dengan makanan lain yang bisa saja berfungsi sama dengan makanan yang sedang sangat Bunda idamkan itu.  

Banner Buah yang Bagus untuk JaninBuah yang Bagus untuk Janin/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Tidak mengherankan jika kemudian dipercaya, ketika ngidam tidak keturutan, akan berdampak tertentu terhadap perkembangan janin nih, Bunda. Tidak hanya itu, bahkan ada juga yang meyakini jika keinginan ngidam Bunda tidak terpenuhi, Si Kecil akan gampang ngiler atau ngeces sampai usia besar nanti.
 
Lantas, apa benar begitu ya, Bunda? Simak yuk ulasannya. 

Efek samping ngidam pada janin?

Berbagai hipotesis tentang mengapa wanita hamil mengalami frekuensi mengidam yang tinggi, salah satunya disebabkan fluktuasi hormon kehamilan, Bunda. Saat tubuh bersiap untuk mendukung janin yang sedang tumbuh, hormon yang terkait dengan rangsangan nafsu makan pada Bunda, meningkat selama kehamilan.

Sebuah teori alternatif mengatakan bahwa mengidam makanan didorong oleh kekurangan nutrisi pada ibu. Hal itu juga bisa menandakan ada kebutuhan nutrisi agar optimal untuk menunjang perkembangan janin.

Kebutuhan nutrisi tersebut termasuk vitamin B, folat, zat besi, dan magnesium. Namun, penelitian juga mengamati bahwa ngidam sangat bervariasi antar budaya, dengan wanita di berbagai negara mendambakan makanan yang tersedia secara budaya dan tradisi makanan setempat. 

Mengingat bahwa ngidam makanan dapat dikaitkan dengan defisiensi nutrisi tertentu, tetap pertimbangkan perkembangan janin, Bunda. Jangan sampai karena keinginan menuruti ngidam, nutrisi yang diperoleh selama kehamilan malah memengaruhi perkembangan bayi.

Oleh karenanya, Bunda tidak boleh menuruti ngidam yang justru menyebabkan Bunda dan Si Kecil malnutrisi ya. 

Meskipun mengidam makanan menjadi bagian kehamilan yang diakui dengan baik, ada kekurangan penelitian tentang bagaimana faktor gizi selama kehamilan berdampak pada kesehatan dan perkembangan ibu dan anak di kemudian hari. 

Simak pengaruh ngidam dengan anak ngeces saat lahir di halaman selanjutnya!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Lihat juga cerita ngidam Dea Ananda dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PENYEBAB BAYI NGECES DIPICU AKTIFNYA KELENJAR AIR LIUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!