sign up SIGN UP search


kehamilan

USG Rahim Bersih Usai Keguguran, Kapan Waktu yang Tepat untuk Hamil Kembali?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 14 Nov 2022 19:15 WIB
Ilustrasi Pemeriksaan USG caption

USG rahim bersih penting dilakukan untuk memastikan tak ada efek samping setelah keguguran. Hal ini berguna untuk melihat apakah rahim benar-benar bersih setelah ibu hamil mengalami keguguran.

Keguguran merupakan hal yang mungkin saja terjadi pada setiap kehamilan. Hal ini dapat terjadi pada sekitar 1 dari 10 wanita yang tahu bahwa mereka sedang hamil.

Kapan keguguran terjadi?

Sebagian besar keguguran terjadi sebelum 13 minggu kehamilan atau disebut keguguran dini. Ini artinya keguguran rentan dialami pada wanita di usia 2-3 bulan, Bunda.


"Keguguran dini sayangnya merupakan kejadian umum yang menyebabkan banyak tekanan emosional bagi seorang wanita. Apa pun cara yang dapat menyederhanakan proses dan membantu meringankan stres fisik harus disambut baik," kata Dr Katrina Mark, asisten profesor kebidanan, ginekologi dan layanan reproduksi di University of Maryland School of Medicine di Baltimore, seperti dikutip dari laman Reuters.

Perawatan ibu hamil yang mengalami keguguran biasanya dibedakan dengan usia janin itu sendiri, Bunda. Ada proses perawatan keguguran yang memberikan waktu pada tubuh untuk mengeluarkan jaringan dengan sendirinya.

Ini tidak melibatkan pengobatan ataupun operasi. Beberapa wanita memilih solusi ini karena menjadi pilihan yang sangat alami, tetapi lebih tidak terduga daripada perawatan lain, seperti dikutip dari laman ACOG.

Kebanyakan wanita melewati perdarahan dengan proses keluarnya jaringan dalam waktu 2 minggu setelah didiagnosis keguguran. Tetapi, hal ini bisa memakan waktu lebih lama.

Jika terlalu lama, dokter kandungan mungkin akan merekomendasikan obat untuk memulai prosesnya. Begitu prosesnya dimulai dan kram serta perdarahan dimulai, sebagian besar jaringan akan keluar dalam beberapa jam. 

Terkadang, tubuh memang tidak melewati semua jaringan. Ketika ini terjadi, perawatan lain direkomendasikan yakni pemberian obat. Obat akan bekerja lebih cepat dan lebih dapat diprediksi. Beberapa wanita memilih obat yang dapat membantu tubuh mereka membuang sisa jaringan. Obat ini diserap melalui pipi di mulut atau melalui vagina. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk informasi lebih lengkapnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga aturan berhubungan intim usai keguguran dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
USG RAHIM BERSIH, BERAPA LAMA WAKTU TUNGGU UNTUK HAMIL KEMBALI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!