sign up SIGN UP search

kehamilan

6 Jenis Kontraksi Kehamilan, Ada yang Cuma Peregangan Rahim hingga Tanda Persalinan

Siti Masitoh   |   Haibunda Sabtu, 19 Nov 2022 13:15 WIB
Ciri kontraksi palsu di trimester 3 kehamilan caption
Jakarta -

Selama kehamilan, Bunda mungkin tidak sabar untuk sampai pada tahap persalinan karena ingin segera bertemu dengan sang buah hati. Dalam proses persalinan, bumil akan melewati fase kontraksi sebagai cara tubuh mendorong bayi untuk keluar.

Kontraksi rahim akan membuat Si Kecil berada pada posisi untuk lahir dan membantunya bermanuver melalui jalan lahir. Namun, Bunda harus tahu bahwa tidak melulu kontraksi yang dirasakan sebelum melahirkan adalah tanda akan melahirkan, lho. Sebenarnya, kontraksi itu bisa saja hanya sekedar bentuk dari sebuah persiapan atau latihan.

Jenis kontraksi dan artinya

Kontraksi yang terjadi selama kehamilan, tidak semua menandakan Bunda akan segera melahirkan. Beberapa kontraksi terjadi sekadar menandakan bahwa rahim sedang bersiap untuk melahirkan. Bagaimana sih cara membedakannya? Melansir laman Parents.com, terdapat beberapa jenis kontraksi dan artinya, simak penjelasan berikut ya Bunda!


1. Kontraksi dini

Saat kontraksi ini terjadi, Bunda mungkin sedikit merasakan pengencangan dan pengerasan pada benjolan selama kehamilan. Hal ini menandakan bahwa tubuh sedang mempersiapkan persalinan.

Kontraksi dini disebabkan oleh peregangan ligament di sekitar rahim, dehidrasi, sembelit, dan nyeri gas. Namun, jika disertai dengan bercak, pendarahan atau sakit perut, segera hubungi dokter atau bidan untuk meminimalisir kehamilan ektopik atau potensi keguguran.

2. Kontraksi Braxton hicks

Beberapa ibu hamil mengalami kontraksi palsu atau latihan sporadis yang dikenal sebagai braxton hicks pada trimester kedua. Ini biasanya tidak menyakitkan dan berlangsung sebentar sekitar 30 detik hingga 2 menit.

Kontraksi ini menandakan bahwa rahim sedang bersiap untuk melahirkan. Untuk menenangkan kram, minumlah air yang banyak, mandi air hangat, mengosongkan kandung kemih, dan bernapas dengan berirama.

3. Kontraksi prematur

Jika Bunda merasakan kontraksi secara teratur setiap 10 menit atau kurang sebelum masuk pada 37 minggu kehamilan, kemungkinan ini menandakan persalinan premature. Jadi, laporkanlah semua kontraksi yang terjadi kepada dokter atau bidan.

Sehingga mereka bisa berdiskusi dan evaluasi. Kemudian, jika memang kontraksi tersebut pertanda akan terjadinya persalinan prematur, mereka mungkin akan mengambil langkah-langkah untuk menghentikan persalinan.

Selain itu, terjadinya kontraksi ini juga bisa dipicu oleh overextension, dehidrasi atau bahkan stres, Bunda.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu lebih lanjut tentang jenis-jenis kontraksi dan tanda-tanda persalinan akan terjadi.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo BankĀ di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 ciri-ciri kontraksi palsu jelang kelahiran.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
BERBAGAI JENIS KONTRAKSI DAN TANDA-TANDA PERSALINAN SEGERA TERJADI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!