sign up SIGN UP search

kehamilan

7 Gerakan Bantu Bayi Cepat Turun ke Panggul, Aman Dilakukan di Rumah

Siti Masitoh   |   Haibunda Senin, 21 Nov 2022 21:31 WIB
A multi-ethnic group of adult men and women are indoors in a gym. They are wearing casual exercise clothing and running shoes. They are doing stretches by touching their toes. A pregnant Asian woman is smiling at the camera. caption
Jakarta -

Selama kehamilan, Bunda sebaiknya tidak berdiam diri saja alias mager ya. Lebih baik melakukan aktivitas fisik seperti latihan olahraga yang sangat bermanfaat untuk melancarkan proses persalinan.

Walaupun belum mendekati tanggal jatuh tempo, ada beberapa gerakan sederhana yang bisa meningkatkan keselarasan Bunda hamil sehingga mendorong Si Kecil ke posisi untuk melahirkan.

Pada akhir trimester ketiga, sebagian besar Bunda hamil mungkin ingin segera melahirkan dengan mudah, tapi jika tanggal jatuh tempo ternyata berlalu tanpa ada tanda-tanda persalinan, beberapa Bunda mungkin mencoba melakukan pilihan untuk menginduksi persalinan sendiri.


Gerakan bantu bayi cepat turun ke panggul

"Sangat penting bagi setiap orang hamil untuk mendiskusikan induksi persalinan dan berencana untuk mencobanya di rumah dengan dokter mereka," kata Ilana Ressler, MD, ahli endokrinologi reproduksi bersertifikat dengan Illume Fertility di Connecticut dikutip pada Parents.

Siapa pun yang mengalami peningkatan kehamilan atau risiko medis, perlu menghindari memulai persalinan sendiri. Bagi Bunda yang berisiko rendah, olahraga dan memerhatikan postur sekaligus keselarasan merupakan hal yang terpenting. Agar persalinan bisa dimulai dengan baik dan terus berkembang, sebaiknya Si Kecil berada pada posisi optimal.

Harus diperjelas, sebenarnya tidak ada metode yang terbukti bisa menginduksi persalinan dengan aman di rumah, tapi ada beberapa gerakan yang bisa Bunda lakukan untuk membantu tubuh agar prima saat persalinan dan bisa mendorong Si Kecil untuk mendapatkan posisi yang optimal.

1. Sejajarkan kaki Bunda

Banyak Bunda hamil melebarkan kaku selebar-lebarnya, padahal menyejajarkan jari kaki itu bisa membantu memisahkan tulang sitz. Sehingga ini bisa menemukan lebih banyak ruang di punggung bawah yang membuat persalinan dan melahirkan lebih mudah.

2. Pertahankan keselarasan

Jangan mendorong perut ke depan saat Bunda berdiri, coba tetap sejajarkan dengan pinggul di atas pergelangan kaki. Sikap ini terjadi saat mencuci piring, mengantri, dan lainnya. Saat duduk, cobalah untuk tidak membungkuk ya Bunda.

Klik halaman berikutnya untuk tau lebih lanjut mengenai olahraga lainnya yang bisa membantu Si Kecil turun ke panggul.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 olahraga yang tak dianjurkan untuk ibu hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
BEBERAPA OLAHRAGA YANG BISA MEMBANTU SI KECIL TUTUN KE PANGGUL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!