menyusui

Mengatasi Bayi yang Hanya Mau Menyusu pada Satu Payudara

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 13 May 2019 18:00 WIB
Mengatasi Bayi yang Hanya Mau Menyusu pada Satu Payudara
Jakarta - Bayi Bubun cuma mau menyusu dari satu payudara saja. Ketika disodorkan payudara yang lain, dia selalu menolak. Ada yang mengalami hal yang sama?

Tak perlu khawatir berlebihan, Bun, karena ternyata kondisi tersebut wajar terjadi. Namun jika lama dibiarkan akan berdampak pada bentuk payudara Bunda yang nampak seperti besar sebelah.


Bentuk payudara yang besar sebelah juga masih dianggap sebagai hal yang tidak perlu ditakutkan. Hal itu terjadi karena satu payudara Bunda menghasilkan lebih banyak ASI dibanding lainnya. Enggak heran deh kalau akhirnya si kecil jadi lebih nyaman menyusu payudara yang ASI lebih melimpah.


Kalau bayi menolak menyusu dari satu payudara untuk sementara waktu, hal itu biasanya dikarenakan beberapa kondisi tertentu saja, Bun. Misalnya, hidung mereka sedang tersumbat, infeksi telinga atau usai menjalani vaksinasi yang membuat satu lengannya terasa sakit.

Tetapi seiring dengan kondisinya yang semakin pulih, bayi biasanya akan menyusu kembali dari kedua payudara Bunda, seperti dikutip dari Breastfeeding.asn.

Mengatasi Bayi yang Hanya Mau menyusu pada Sebelah PayudaraMenyusui sebelah payudara/ Foto: iStock

Selain itu, Bunda juga harus mengubah cara menyusui yang salah ya. Kadang, kebiasaan menyusu si kecil dipengaruhi oleh Bunda sendiri. Sebagian Bunda merasa nyaman menyusui hanya dari payudara yang produksi ASI-nya lebih melimpah.

"Sangat normal satu payudara menghasilkan lebih banyak susu dari payudara lainnya. Sehingga, bayi hanya ingin menyusui pada satu payudara saja,"kata Anne Smith IBCLC, seorang konselor laktasi, dikutip dari laman Breastfeeding Basics.

Bentuk puting yang berbeda antara payudara kanan dan kiri, juga bisa memengaruhi kebiasaan menyusu bayi. Bayi biasanya akan kesulitan menyusu pada sisi payudara yang memiliki puting lebih kecil dan datar.

Untuk mencegah hal itu, Bunda disarankan untuk menawarkan payudara kanan terlebih dahulu baru yang kiri saat menyusui. Bunda juga dapat memompa payudara sebelah kiri jika merasa payudara tersebut kurang maksimal menghasilkan ASI. Dengan memberi rangsangan yang baik maka ASI pun dapat memproduksi secara seimbang dan maksimal.


Oh ya, perlu diingat juga, Bun, bahwa lebih sering menyusui akan membuat payudara Bunda secara otomatis memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Sehingga, bagi periode menyusui secara rutin dari payudara kanan ke kiri secara bergantian demi hasil maksimal.

Selamat mencoba!

Agar lancar menyusui, simak yuk resep makanan untuk bantu memperlancar ASI!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi