menyusui

Kenapa Ibu Menyusui Tetap Perlu Pompa ASI Elektrik?

Muhayati Faridatun Selasa, 14 Jan 2020 17:57 WIB
Kenapa Ibu Menyusui Tetap Perlu Pompa ASI Elektrik?
Jakarta - Bagi ibu bekerja yang ingin memberikan ASI eksklusif, pompa ASI elektrik mungkin bisa sangat membantu. Tapi, sebagian ibu rumah tangga ternyata juga membutuhkan pompa ASI. Apa alasannya?

Seperti yang Bubun alami setelah melahirkan anak pertama, pada 2013 lalu. Saat mendekati akhir masa cuti melahirkan, mulai deh panik menyiapkan stok ASI perah (ASIP). Pasalnya, Bubun bertekad memberi ASI eksklusif demi tumbuh kembang si kecil.


Dijelaskan dalam situs resmi badan kesehatan dunia (WHO), "Menyusui adalah cara yang tidak ada bandingannya untuk menyediakan makanan ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat."


Sebagai rekomendasi kesehatan masyarakat global, WHO menganjurkan, ibu harus menyusui bayi secara eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan. Tujuannya agar bayi mencapai pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan optimal.

Dianjurkan dr.Fredrico Patria, Sp.OG, ibu bekerja yang ingin memberikan ASI eksklusif harus mempersiapkannya setelah melahirkan. Bunda bisa melatih diri untuk memerah ASI dengan menggunakan tangan, pompa manual, atau pompa elektrik.

"Latihan ini dapat dilakukan mulai saat ASI keluar pertama kali dan payudara terasa penuh," saran Fredrico, dikutip dari buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal.

Pompa ASIPompa ASI/ Foto: Thinkstock
Kenapa perlu pakai pompa ASI?

Sebagian besar ibu rumah tangga, mungkin enggak memerlukan pompa ASI karena bisa sepanjang hari berada di samping si kecil. Meski begitu, beberapa ibu rumah tangga membutuhkan pompa payudara karena berbagai alasan.

Dilansir First Cry, ada lima alasan kenapa Bunda perlu menggunakan pompa ASI elektrik, yakni:

1. Melahirkan bayi prematur

Para bunda yang mengalami komplikasi saat hamil, lalu melahirkan bayi prematur, biasanya tidak bisa menyusui langsung. Diketahui, bayi prematur harus mendapat perawatan khusus setelah lahir. Bayi prematur juga butuh waktu untuk menyusu langsung di payudara karena kemampuan mengisapnya belum maksimal. Sehingga, ibu yang melahirkan bayi prematur butuh pompa payudara untuk persediaan ASIP.

2. Ibu bekerja

Sebagian bunda harus segera kembali bekerja setelah selesai cuti melahirkan. Untuk memperbanyak stok ASIP, bunda membutuhkan pompa payudara yang bisa mengeluarkan ASI lebih cepat.

3. Punya bayi kembar

Punya satu bayi saja bisa panik ya, Bunda, saat harus menyediakan stok ASIP sebelum kembali bekerja. Apalagi kalau Bunda punya bayi kembar. Rasanya, ibu rumah tangga pun butuh bantuan pompa payudara untuk memenuhi kebutuhan ASI si kembar.

4. Produksi ASI berlebih

Tak sedikit bunda yang dikaruniai ASI berlimpah. Wajar saja kalau bunda yang produksi ASI-nya melebihi kebutuhan bayi perlu menggunakan pompa payudara, sehingga kelebihan ASI tersebut bisa tertampung.

5. Sangat sibuk

Ibu rumah tangga, atau ibu dengan waktu bekerja yang fleksibel, mungkin punya waktu lebih banyak atau masih sempat menyusui bayi. Lain hal jika memiliki jadwal kerja sangat padat, bahkan mungkin meninggalkan si kecil ke luar kota, tentu membutuhkan pompa payudara untuk memperbanyak stok ASIP.


Kenapa pilih pompa ASI elektrik?

Kalau memutuskan ingin memerah ASI menggunakan pompa, Bunda tentu mempertimbangkan akan memakai pompa manual atau pompa ASI elektrik. Bingung memilih yang mana?

Seperti dilansir Baby Centre, pompa elektrik bisa dengan cepat mengeluarkan ASI dari payudara Bunda. Dengan pompa ASI elektrik, Bunda juga enggak perlu upaya keras seperti saat menggunakan pompa payudara manual.

Bagi para bunda yang ingin kembali bekerja setelah melahirkan, mungkin butuh mempersiapkan stok ASIP. Bunda tentu akan lebih sering memerah ASI dan pompa elektrik jadi salah satu solusi untuk memperbanyak ASIP dalam waktu singkat.

Manfaat pompa ASI elektrik

Perlu Bunda tahu, sebagian besar pompa ASI elektrik dioperasikan dengan listrik. Tapi, ada juga pompa yang menggunakan energi baterai. Ini akan membantu saat Bunda sulit mendapatkan soket listrik.

Merek dan harga pompa ASI elektrik juga sangat beragam, Bunda. Beberapa pompa elektrik yang lebih mahal memiliki fitur yang bisa disesuaikan. Bagi Bunda yang memiliki bayi kembar, pompa ini mungkin sangat bermanfaat. Manfaatnya antara lain:

- Pompa elektrik ganda sangat membantu kalau Bunda ingin memerah ASI di kedua payudara sekaligus.

- Tingkat pengisapan pompa bisa disesuaikan untuk menyerupai pola mengisap bayi Bunda saat menyusu langsung.

- Dengan pompa elektrik ganda, tentu ASI yang keluar akan lebih cepat dan lebih banyak.

"Semua pompa membutuhkan waktu untuk menguasainya, jadi jangan panik jika perlu beberapa saat untuk mendapatkan jumlah ASI yang layak," kata Anna, seorang bunda asal Inggris, dikutip dari Baby Centre.

Sementara itu, bunda lain bernama Jess tidak menampik kalau harga pompa elektrik ganda memang sangat mahal. Ia mulai menggunakan pompa ganda tersebut satu bulan sebelum kembali bekerja.

"Saya mencoba pompa lain sebelumnya, tapi saya hanya bisa menghasilkan ASIP dalam jumlah kecil dan benar-benar panik. Pompa ganda ganda telah menyelamatkan," ungkap Jess.


Bunda, simak juga drama menyusui yang dialami Marissa Nasution, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi