sign up SIGN UP search


menyusui

Panduan Menyusui untuk Bunda dalam Situasi Pandemi COVID-19

Maya Sofia Selasa, 08 Dec 2020 17:59 WIB
Mother with mask breastfeeding her little baby caption
Jakarta -

Bunda mungkin pernah tak pernah membayangkan harus menyusui si kecil dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini? Rasa waswas dan khawatir pastinya menggelayut dalam diri Bunda.

Apakah si kecil akan tertular COVID-19 ketika Bunda menyusui? Atau bagaimana cara menyusui si kecil jika Bunda ternyata masuk kategori PDP dan ODP.

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu kerap muncul di kalangan ibu-ibu menyusui. Nah pertama-tama yang perlu Bunda pahami adalah manfaat menyusui itu sendiri bagi bayi.


Pertama, dengan menyusui maka kebutuhan gizi bagi Si Kecil secara keseluruhan terpenuhi. Kemudian menyusui bisa melindungi daya tahan tubuh bayi serta melatih bayi lebih mandiri.

Kedua, bayi yang menyusu cenderung secara motorik dan sensorik lebih bagus menerima rangsangan. Ketiga, tumbuh kembang bayi akan meningkat dan terbentuk ikatan batin antara ibu-bayi.

Keempat, bayi memiliki rasa percaya diri ketika dewasa dan menyusui juga bisa meningkatkan kecerdasan otak bayi.

Kelima, menyusui juga bisa mengurangi berbagai risiko penyakit pada bayi, seperti gangguan pencernaan, diare, infeksi pada telinga, mata, dan pernapasan, ISPA, diabates, hingga alergi.

Adapun manfaat menyusui bagi Bunda adalah merangsang kontraksi rahim yang dapat mengurangi terjadinya anemia pada ibu setelah melahirkan. Kemudian mengurangi risiko kanker payudara maupun rahim.

Selain itu, menyusui juga membantu mengurangi risiko penyakit diabetes, hipertensi. Nah yang tak kalah penting, menyusui bisa membakar kalori Bunda cukup banyak sehingga dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

Kembali lagi tentang bagaimana cara menyusui bayi di tengah pandemi. Bolehkah Bunda dengan status PDP dan ODP menyusui?

Mengutip situs web covid19.go.id, Bunda dengan COVID-19 dapat menyusui bayi jika menginginkannya. Namun perlu dicatat nih Bunda, jika kondisi Bunda sedang lemah dan belum menginginkan, tidak apa-apa untuk menunda menyusui memberikan ASI dengan diperah.

Klik NEXT untuk mengetahui apa saja yang perlu Bunda perhatikan ketika menyusui si kecil dalam kondisi pandemi.

[Gambas:Video Haibunda]

Banner biaya sekolah
(som/som)
Menyusui saat pandemi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi