sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Bayi Laki-Laki Menyusu Lebih Banyak Dibanding Anak Perempuan?

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 05 Jun 2021 20:05 WIB
Menyusui caption

Jakarta - Masa-masa menyusui menjadi perjuangan tersendiri bagi Bunda di manapun. Menjaga pasokan ASI tetap lancar selama periode menyusui bukanlah hal yang mudah untuk dilalui. Dibutuhkan usaha dan tekad kuat untuk senantiasa memenuhi kebutuhan ASI buah hati.

Setiap bayi memang memiliki kebutuhan tersendiri ya, Bunda. Ada bayi yang menyusu dengan kuat tetapi juga ada yang biasa-biasa saja. Ya, semua bayi memang berbeda, tetapi mereka akan mengambil apa yang mereka butuhkan.

Bayi laki-laki misalnya, banyak Bunda yang membagikan pengalaman bahwa anak laki-laki menyusu lebih kuat sehingga membuat Bunda merasa kewalahan memenuhi pasokan ASI-nya. 


Dr Jacqueline Kent, peneliti dari Hartmann Human Lactation Research Group dan timnya menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk meneliti menyusui dan menemukan bahwa kebutuhan setiap Bunda dan bayinya berbeda satu sama lain.

Banner Raeni Anak Tukang Becak CumlaudeBanner Raeni Anak Tukang Becak Cumlaude/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Penelitian terhadap bayi yang diberikan ASI eksklusif berusia satu hingga enam bulan menunjukkan bahwa mereka biasanya menyusu antara 4-13 kali sehari, dan antara 12 menit hingga 1 jam setiap sesi menyusui, seperti dikutip dari laman Medela.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa bayi dapat minum sedikitnya 54 ml atau sebanyak 234 ml susu per sesi," ujarnya.

Selain itu, diketahui juga bahwa secara rata-rata bayi laki-laki minum sebanyak 76 ml atau lebih banyak daripada bayi perempuan setiap harinya. Selama ASI Bunda mencukupi, bayi Bunda akan mengatur agendanya sendiri.

Sangatlah disarankan bagi para Bunda menyusui untuk memberikan ASI dari kedua payudaranya. Jika bayi Bunda menerimanya dengan baik Bunda dapat melanjutkannya. Tetapi, jika bayi tidak menginginkannya tak perlu khawatir karena mereka yang memutuskan dan mengetahui seberapa kenyang perutnya.

Perlu Bunda tahu, penelitian menunjukkan bahwa 30 persen bayi mengambil secara eksklusif dari satu payudara, dan 13 persen selalu mengambil dari kedua payudaranya. Tetapi, sebagian besar memenuhinya dari campuran keduanya.

Penjelasan lebih lanjut klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk tips menyusui di video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PERBEDAAN MENYUSUI BAYI LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi