sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Tidak Menyusui di Malam Hari Bisa Menurunkan Produksi ASI?

Annisa Karnesyia Minggu, 23 May 2021 19:46 WIB
Menyusui caption
Jakarta -

Bunda sering terbangun di malam hari untuk menyusui Si Kecil? Kondisi ini memang terasa melelahkan setelah seharian penuh mengurus anak.

Meski terdengar sepele, menyusui di malam hari ternyata memberikan manfaat luar biasa lho. Produksi ASI bisa lebih banyak karena bisa membantu pengosongan payudara, Bunda.

Selain itu, hormon prolaktin untuk menyusui banyak diproduksi di malam hari. Hormon ini dibutuhkan untuk merangsang kelenjar susu dalam menghasilkan ASI.


"Hormon prolaktin sangat penting untuk mempertahankan dan meneruskan produksi ASI. Hormon ini lebih banyak diproduksi di malam hari, sehingga menyusui di malam hari bisa membantu menjaga produksi ASI," kata dokter spesialis anak, dr.Meta Hanindita, Sp.A, dalam buku Mommyclopedia Tanya Jawab tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak.

Banner Penyakit Ain

Pada bayi baru lahir, waktu menyusui di malam hari menjadi sangat penting. Seperti kita tahu, perut bayi baru lahir masih kecil dan memiliki kapasitas untuk menampung ASI dalam jumlah kecil.

Mengutip Belly Belly, ASI dalam perut bayi baru lahir juga akan habis dalam waktu sekitar satu jam. Bagi beberapa bayi baru lahir, menyusu setiap satu sampai dua jam adalah hal yang normal.

Bunda tidak perlu khawatir menyusui si Kecil pada malam hari. Asupan ASI di waktu ini juga berkontribusi penting terhadap asupan total bayi.

"ASI yang dikonsumsi bayi sepanjang malam merupakan bagian penting dari total asupannya selama 24 jam," kata konselor laktasi, Renee Kam IBCLC.

Penelitian menemukan bahwa sekitar 64 persen bayi usia 1 hingga 6 bulan yang menyusu antara satu sampai tiga kali di malam hari terpenuhi asupannya sekitar 20 persen.

Manfaat luar biasa menyusui di malam hari juga dikaitkan dengan waktu tidur anak, Bunda. ASI mengandung tripofan, yakni asam amino yang digunakan untuk membuat melatonin, yakni hormon untuk mengatur waktu tidur.

Kadar tripofan dalam ASI akan naik dan turun sesuai degan irama sirkadian Bunda. Nah, menyusui dapat membantu mengembangkan ritme ini pada bayi, sehingga membantu mereka tidur lebih nyenyak di malam hari.

Meski bermanfaat, menyusui di malam hari bukan perkara mudah bagi kebanyakan Bunda. Lalu apa yang harus disiapkan agar menyusui di waktu ini bisa berhasil?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

POSISI MENYUSUI SAAT MALAM HARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi