sign up SIGN UP search


menyusui

Berat Badan Bayi Cepat Naik saat Diberikan ASI Eksklusif, Normalkah Bun?

Annisa Karnesyia Senin, 19 Jul 2021 08:20 WIB
Ibu menyusui Normalkah Berat Badan Bayi Cepat Naik Saat Diberikan ASI Eksklusif?/ Foto: iStock
Jakarta -

Jakarta - Bayi yang diberikan ASI eksklusif disebut cenderung memiliki tubuh yang besar. Berat badan mereka pun cepat meningkat, Bunda. Benar enggak ya?

Dilansir Healthline, bayi baru lahir yang diberi ASI memang cenderung mengalami kenaikan berat badan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan bayi yang diberikan susu formula selama tiga bulan pertama kehidupannya, Bunda.

Seperti kita tahu, ASI adalah makanan yang kaya nutrisi dan dibutuhkan bayi untuk tumbuh kembangnya. ASI juga merupakan makanan dinamis dan selalu berubah, berbeda dengan susu formula yang komposisi bahannya statis.


Berat badan bayi baru lahir juga bisa bertambah cepat di enam bulan pertama karena sering menyusu. Tentunya ini dapat terjadi pada bayi yang cukup ASI dan ibu yang tidak mengalami masalah menyusui.

Menurut konsultan laktasi Kelly Bonyata, BS, IBCLC, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa bayi menyusu ASI yang berukuran besar sudah pasti akan kelebihan berat badan saat dewasa. Faktanya, ASI justru dapat mencegah obesitas pada bayi lho, Bunda.

"Normal bagi bagi yang menyusu ASI untuk menambah berat badannya lebih cepat daripada bayi lain yang diberikan susu formula selama 2 sampai 3 bulan pertama atau kurang dari 9 dan 12 bulan," kata Bonyata, dikutip dari Kelly Mom.

"Tapi, sama sekali tidak ada bukti bahwa bayi yang besar saat menyusu ASI akan tumbuh menjadi anak dengan berat badan berlebih saat dewasa," sambungnya.

Bunda perlu tahu nih, berat badan bayi akan cepat naik dan mulai turun kembali saat mulai aktif bergerak. Lemak yang disimpan dalam tubuhnya akan digunakan untuk dia bergerak aktif sehingga Bunda enggak perlu khawatir.

Berat badan bayi juga bisa menurun ketika anak berubah menjadi picky eater saat mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Terkadang, mereka pun menolak makan karena sibuk bermain sehingga berat badannya bisa turun.

Namun, pada beberapa kondisi, bayi bisa saja mengalami kenaikan berat badan yang cepat saat menyusu ASI. Apa penyebabnya? Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENYEBAB BERAT BADAN CEPAT NAIK SAAT BAYI MEYUSUI ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi