sign up SIGN UP search


menyusui

Selain Nyaman, Posisi Menyusui Berbaring Bantu Bunda Beristirahat Lebih Lama

Annisa Karnesyia Senin, 30 Aug 2021 12:30 WIB
Ibu Menyusui caption
Jakarta -

Posisi menyusui yang tepat bisa menjadi kunci keberhasilan menyusui. Apalagi kita tahu bahwa menyusui bisa memberikan manfaat luar biasa untuk Bunda dan bayi. Menyusui tak bisa tergantikan dengan apa pun. Sebab, menyusui atau memberikan ASI bisa memberikan manfaat luar biasa untuk Bunda dan buah hati.

"Menyusui adalah hak seorang ibu, karena menyusui memberikan manfaat kesehatan baginya. Selain itu, menyusui dapat meningkatkan kualitas kehidupan Bunda di masa yang akan datang," kata Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), Nia Umar, S.Sos, MKM, IBCLC, dikutip dari YouTube AIMI ASI, Jumat (20/8/21).

Sementara itu, Nia juga mengatakan bahwa menyusu merupakan hak anak yang tidak tergantikan. Sebab, menyusu juga memberikan manfaat bagi buah hati baik saat mereka masih menyusu hingga kelak mereka dewasa.

"Saat menyusu, anak mendapatkan ASI yang memberikan perlindungan untuk saat ini dan di masa depan. Saat ini, dia terhindari dari risiko diare, batuk pilek, dan infeksi," ujar Nia.

"Banyak juga penyakit degeneratif di masa depan yang berkurang ketika anak diberikan ASI sejak dini, misalnya kanker, diabetes, obesitas, hingga karies gigi pada anak," sambungnya.

Menyusui adalah proses yang sebenarnya tidak sulit, Bunda. Salah satu kiat keberhasilan menyusui adalah memposisikan bayi dengan tepat sehingga dia cukup ASI.

Selain itu, Bunda juga perlu memilih posisi yang nyaman selama menyusui. Jangan sampai posisi menyusui Bunda hanya dirasakan nyaman bagi buah hati saja ya.

Menurut Konsultan laktasi dari AIMI Indonesia, Ndu Rastri Karuiasari, semau posisi menyusui itu benar atau tidak ada yang salah. Tapi, tidak semua posisi menguntungkan atau bikin nyaman untuk seorang ibu dan bayinya.

Ndu Rastri menjelaskan bahwa setiap posisi menyusui memberikan manfaat masing-masing. Posisi ini bisa berbeda bagi Bunda yang baru melahirkan atau memiliki anak bayi berusia lebih besar.

"Posisi menyusui itu tidak ada yang benar atau salah, namun senyamannya saja. Namun, di setiap posisi itu ada keuntungannya masing-masing," ujarnya.

Lalu manakah dari posisi ini yang menguntungkan Bunda untuk mendapatkan waktu tidur lebih lama ya? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga 5 alternatif posisi menyusui bayi, dalam video berikut:


[Gambas:Video Haibunda]

POSISI MENYUSI YANG BISA TAMBAH WAKTU TIDUR BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!