sign up SIGN UP search


menyusui

10 Makanan Busui Bantu Bayi Cepat Naik Berat Badan, Mana Favorit Bunda?

Kinan   |   Haibunda Minggu, 08 May 2022 15:32 WIB
Morning of busy mother caption

Jakarta - Supaya kualitas dan kuantitas ASI tetap terjaga demi pertambahan berat badan bayi yang optimal, busui perlu cermat memilih asupan makanannya. Apa saja makanan yang dapat dikonsumsi?

Dikutip dari Mayo Clinic, saat menyusui Bunda memerlukan sekitar 330 hingga 400 kalori tambahan per hari. Ini berguna untuk memberi tubuh energi dan nutrisi untuk memproduksi susu.

Nah, untuk mendapatkan kalori ekstra ini, Bunda perlu memilih asupan yang kaya nutrisi. 


Pilih makanan kaya protein, seperti daging tanpa lemak, telur, susu, kacang-kacangan, dan seafood yang rendah merkuri. Bunda juga perlu mengonsumsi berbagai biji-bijian, buah-buahan dan sayuran.

Selain makanan, jangan lupakan pentingnya mencukupi kebutuhan air minum. Hindari terlalu banyak mengonsumsi minuman manis, utamakan minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Banner Cerita Fabel SederhanaCerita Fabel Sederhana/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

Berikut pilihan makanan busui agar bayi cepat naik berat badan:

1. Alpukat

Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus menjadi camilan sehat, Bunda dapat memilih alpukat. Buah ini mengandung hampir 80 persen lemak dan membantu membuat Bunda kenyang lebih lama. 

Selain itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin B, vitamin K, folat, kalium, vitamin C, dan vitamin E yang baik.

2. Kacang-kacangan

Dikutip dari Parents, selain alpukat jenis makanan bernutrisi lainnya untuk para busui yakni kacang-kacangan. Kacang kaya akan mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan seng, serta vitamin K, dan vitamin B. 

Kacang juga merupakan sumber asam lemak esensial dan protein yang sehat. Di beberapa belahan dunia, kacang juga dianggap sebagai laktogenik, yang berarti memiliki potensi untuk membantu memproduksi ASI.

Salah satu jenis kacang yang dapat Bunda rutin konsumsi selama menyusui misalnya almond. Bahkan saat ini susu almond juga banyak yang dibuat untuk busui.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung fitoestrogen, yang telah terbukti memiliki efek positif pada produksi ASI. Misalnya Bunda dapat rutin mengonsumsi selada.

Selada adalah sayuran yang rendah kalori dan mengandung banyak air. Selain itu, selada juga mengandung zat besi yang baik untuk Bunda dan si Kecil. Seperti diketahui, zat besi dapat mencegah anemia bagi Bunda dan baik untuk kecerdasan otak bayi.

Simak makanan lain yang dipercaya bikin bikin ASI Bunda semakin berkualitas dan membuat bayi cepat naik berat badannya!

Berikut ada penjelasan mengenai keju terbaik untuk ibu menyusui, klik videonya ya:

[Gambas:Video Haibunda]



COBA DAGING SAPI HINGGA TELUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!