sign up SIGN UP search


menyusui

5 Makanan Pantangan Ibu Menyusui agar ASI Lancar, Termasuk Suplemen Herbal

Kinan   |   Haibunda Sabtu, 07 May 2022 07:10 WIB
HINDARI JUGA TEH HINGGA PERMEN PEPPERMINT NIH, BUN
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption

4. Alkohol

Baik saat hamil maupun menyusui, alkohol menjadi salah satu asupan pantangan yang perlu dihindari sepenuhnya. 

Alkohol memiliki mekanisme penenang yang menekan sistem saraf pusat, yang justru menghambat pelepasan oksitosin dan berujung pada penurunan produksi ASI.

Konsumsi alkohol juga dapat mengganggu pola makan dan istirahat Bunda, yang keduanya sama-sama berpengaruh besar terhadap kelancaran suplai ASI.


5. Peppermint

Daun mint memang memberikan sensasi segar di mulut, namun busui sebaiknya hindari konsumsi herbal seperti peppermint secara berlebihan, ya.

Alasannya, peppermint menjadi salah satu asupan pantangan yang dapat menghambat kelancaran produksi ASI. Termasuk peppermint dalam bentuk teh, permen atau dikonsumsi secara langsung.

Peppermint juga sering kali justru digunakan oleh busui yang sedang dalam masa menyapih dan ingin mengosongkan suplai ASI.

Selain lebih memperhatikan pola dan menu makanan, hal lain yang tak boleh diabaikan saat ingin menjaga suplai ASI yakni dengan menyusui secara teratur.

"Pasokan ASI ibu didasarkan pada prinsip sesuai kebutuhan. Jadi salah satu cara termudah dan paling efektif untuk memproduksi lebih banyak ASI adalah dengan menyusui lebih sering," ungkap konsultan laktasi, Cindy Chavez, seperti dikutip dari Parents.

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!