sign up SIGN UP search


menyusui

Busui Hobi Makan Sushi? Perhatikan Persyaratanya agar Bermanfaat untuk Bayi

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 13 May 2022 11:30 WIB
Ilustrasi Ibu Menyusui Minum Ilustrasi menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/LightFieldStudios

Jakarta - Selama kehamilan mungkin Bunda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi sushi. Makanan mentah yang menjadi bahan pembuat sushi dikhawatirkan akan mendatangkan bahaya untuk janin di kandungan Bunda.

Namun, tak perlu khawatir nih karena saat menyusui Bunda tidak dilarang makan sushi. Ya, ibu menyusui diperbolehkan untuk mengonsumsi sushi, tetapi ada beberapa hal yang mungkin perlu Bunda perhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Meski sushi diperbolehkan dimakan para busui , Bunda perlu tetap menghindari beberapa jenis ikan tertentu yang tinggi merkuri. Pada dasarnya, ikan baik yang sudah dimasak maupun mentah, mendatangkan manfaat kesehatan untuk Bunda dan Si Kecil.


Nah, untuk membantu Bunda mengetahui lebih lanjut terkait mengonsumsi sushi bagi ibu menyusui, yuk, simak penjelasannya berikut ini, ya Bunda.

Syarat ibu menyusui boleh makan sushi

Tahukah Bunda? Menurut para ahli, Bunda bisa makan sushi saat menyusui Si Kecil, tetapi ada beberapa tindakan pencegahan yang mungkin perlu Bunda perhatikan saat mengonsumsi makanan tersebut. Jika mengikuti beberapa panduan tertentu untuk makan sushi yang aman, Bunda dapat menikmati makanan tersebut tanpa perlu merasa khawatir.

“Makan sushi dalam jumlah sedang saat menyusui sangat aman. Namun, sama seperti saat hamil, wanita menyusui perlu terus menghindari ikan dengan merkuri yang tinggi,” kata Claire Virga, RD, MS CDN, ahli diet terdaftar di Rooted Wellnes, klinik nutrisi swasta yang didedikasikan untuk kesuburan, kesehatan prenatal dan postpartum, dikutip dari laman Verywell Family.

Banner 5 Tanda Janin Meninggal

Ibu menyusui mungkin sering bertanya-tanya berapa banyak dari makanan mereka yang diteruskan ke bayi melalui ASI. Meskipun diet ibu menyusui dapat mempengaruhi bayi, Bunda tidak perlu seketat saat hamil.

Pedoman makan sushi bagi ibu menyusui

Aman bagi ibu menyusui untuk makan sushi, dengan beberapa peringatan. Pilih ikan yang lebih rendah merkuri untuk mengurangi risiko bayi terkena racun.Perlu diingat, sebagian besar pilihan sushi mengandung ikan mentah, pastikan Bunda mengonsumsi ikan dari laut yang tidak tercemar.

Ikan mentah dapat menampung bakteri dan parasit yang dapat membuat Bunda sakit karena penyakit bawaan dari makanan tersebut.

Berikut adalah beberapa pedoman makan sushi bagi ibu menyusui yang dirangkum dari berbagai sumber. Simak berikut ini, ya Bunda:

  1. Makanlah 2 sampai 3 porsi berbagai ikan rendah merkuri per minggu.
  2. Hindari ikan dengan merkuri yang tinggi. Seperti tuna mata besar, king mackerel, hiu, ikan todak, dan ekor kuning, jenis-jenis ikan ini tidak direkomendasikan dalam jumlah berapa pun untuk ibu menyusui.
  3. Lakukan riset sebelum makan ikan lokal. Periksa saran dari dinas kesehatan setempat untuk memastikan ikan yang akan dimakan sehat.
  4. Tetap berpegang pada restoran yang menggunakan makanan laut segar dan berkualitas dalam sushi mereka, dan mempraktikkan penanganan makanan yang aman, untuk menurunkan risiko penyakit.
  5. Jika tidak ingin mengambil risiko dengan makan ikan mentah, coba pilih sushi yang dimasak dengan ikan rendah merkuri atau Bunda juga bisa memilih alternatif makan sushi dengan sayuran.

Perhatikan tanda-tanda reaksi alergi saat makan ikan. Ikan terutama kerang, adalah alergen potensial, jadi waspadai gejalanya seperti gatal-gatal, ruam, kulit memerah, pembengkakan pada bibir atau lidah, sulit bernapas, muntah, diare, batuk, hingga hilang kesadaran.

Makan sushi selama menyusui juga bisa memberikan berbagai macam manfaat, lho Bunda. Apa saja manfaatnya? Simak di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Ada resep membuat sushi dari Vaga Darwanti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT MAKAN SUSHI SELAMA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!