sign up SIGN UP search


menyusui

Bikin Gemas, Ternyata Ini Alasan Mulut Bayi Masih Suka Mengenyot Usai Disusui

Asri Ediyati   |   Haibunda Kamis, 15 Sep 2022 07:10 WIB
Close up woman breastfeeding baby at home. Bikin Gemas, Ternyata Ini Alasan Mulut Bayi Masih Suka Mengenyot Usai Disusui/Foto: Getty Images/iStockphoto/Maria Korneeva
Jakarta -

Menyusui memang menjadi momen paling berkesan selama kurang lebih dua tahun usai Si Kecil lahir. Melihat wajahnya, menyentuh tubuhnya untuk menenangkannya, hingga membetulkan posisi. Rasanya enggak terlupakan ya, Bunda?

Selama menyusui Si Kecil, hal kecil pun seperti perilaku mereka pun turut diamati. Bicara tentang itu,  pernahkah Bunda melihat mulut mereka masih suka mengenyot? Mungkin Bunda penasaran dengan alasan di balik perilaku bayi yang menggemaskan itu.

Ternyata ada penjelasannya secara ilmiah, lho. Gerakan atau refleks tersebut termasuk sucking reflex. Jadi, mengutip Healthline, bayi khususnya yang baru lahir memiliki beberapa refleks penting. Refleks ini adalah gerakan tak sadar yang terjadi baik secara spontan atau sebagai respons terhadap tindakan yang berbeda.


Mulut bayi mengenyot sebagai refleks mengisap

Refleks mengisap atau sucking reflex, misalnya, terjadi saat atap mulut bayi disentuh. Bayi akan mulai mengisap ketika area ini dirangsang, yang membantu menyusui atau memberi susu botol.

Refleks mungkin kuat pada beberapa bayi dan lemah pada bayi lainnya tergantung pada sejumlah faktor, termasuk seberapa dini bayi lahir sebelum tanggal jatuh tempo. Baca terus untuk mengetahui tentang refleks mengisap, perkembangannya, dan refleks lainnya.

Refleks menghisap berkembang saat bayi masih dalam kandungan. Perkembangan paling awal adalah pada minggu ke-32 kehamilan. Ini umumnya berkembang sepenuhnya pada minggu ke 36 kehamilan. 

Apakah refleks mengisap hilang? Refleks itu tidak hilang pada bayi, tetapi itu akan berubah dari refleks menjadi sesuatu yang disebut mengisap secara sukarela antara usia 2 dan 4 bulan, yang berarti ia memiliki kontrol lebih besar atas teknik mengisapnya, Bunda.

Refleks yang menenangkan bayi

Menurut dokter anak Sarah Rahal, MD, refleks ini dipasangkan dengan refleks rooting, di mana bayi baru lahir mencari sumber makanan. Ketika dia menemukannya, refleks mengisap memungkinkan dia untuk mengisap dan menelan susu.

"Bayi Anda melakukan ini tanpa memikirkannya karena itu adalah naluri bawaan yang sebenarnya cukup menenangkannya juga," tulisnya, dikutip dari Very Well Family.

Setiap kali bayi menunjukkan refleks ini, menurut Rahal, itu tidak berarti dia lapar. Mengisap adalah aktivitas yang menenangkan dan menyenangkan. Bayi juga memiliki refleks tangan-ke-mulut, di mana mereka mungkin mengisap jari atau tangan.

Perilaku bayi tetap mengenyot usai disusui tampaknya juga dapat dikaitkan dengan flutter sucking. Apa itu? Baca di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips mengatasi bayi tersedak saat menyusu.

[Gambas:Video Haibunda]



FLUTTER SUCKING PADA BAYI SAAT DISUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!