sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Terbaik Menyusui Bayi Growth Spurt, Coba Ikuti Isyarat Si Kecil ya Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 17 Jun 2022 07:00 WIB
A portrait of a beautiful young Caucasian mother breastfeeding her adorable baby girl while working on a laptop in a kitchen at home. caption

Jakarta - Pada awal-awal setelah kelahirannya, Si KecilĀ akan mengalami lonjakan dalam pertumbuhannya. Kondisi dikenal dengan istilah growth spurt, Bunda.

Peningkatan asupan ASI selama bayi dalam tahapan growth spurt cukup tinggi ya, Bunda. Sering kali, banyak busui kewalahan dengan pasokan ASI-nya. Yuk, intip tips menyusui bayi growth spurt, Bunda.

Pada bayi yang diberi ASI eksklusif, asupan ASI mereka meningkat cepat terutama pada beberapa minggu pertama kehidupannya, kemudian tetap sama antara satu dan enam bulan. Saat makanan padat diperkenalkan secara bertahap setelah enam bulan, asupan susu bayi secara bertahap akan berkurang.


Pertumbuhan fisik memang bukan satu-satunya alasan bahwa bayi mungkin memiliki kebutuhan sementara akan peningkatan menyusui. Bayi sering menunjukkan jenis perilaku yang sama (meningkatkan menyusui dengan atau tanpa meningkatkan kerewelan) ketika mereka menunjukkan perkembangan signifikan seperti berguling, merangkak, berjalan, atau berbicara. Dan, ASI ibu merupakan salah satu penunjang pertumbuhan otak juga tubuh.

Waktu yang umum bagi bayi mengalami growth spurt yakni selama beberapa hari pertama di rumah dan sekitar 7-10 hari, 2-3 minggu, 4-6 minggu, 3 bulan, 4 bulan, 6 bulan, dan 9 bulan. Namun, sering kali mungkin juga bayi melakukan hal yang berbeda di luar waktu tersebut ya, Bunda.

Banner Buah yang Bagus untuk JaninBuah yang Bagus untuk Janin/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Growth spurt sendiri tidak berhenti setelah tahun pertama ya, Bunda. Kebanyakan, para Bunda melihat growth spurt setiap beberapa bulan selama tahun-tahun balita dan secara berkala setelahnya selama masa remaja.

"Growth spurt biasanya berlangsung 2-3 hari, tetapi kadang-kadang berlangsung sekitar satu minggu,"ujar Kelly Bonyata, BS, IBCLC, seperti dikutip dari laman Kellymom.

Kelly menambahkan, cara terbaik menghadapi growth spurt yakni mengikuti isyarat dari bayi itu sendiri ya, Bunda. Bayi secara otomatis akan mendapatkan lebih banyak ASI dengan menyusu lebih sering dan suplai ASI akan meningkat karena peningkatan menyusui.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang mengenal ciri growth spurt:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENYUSUI BAYI GROWTH SPURT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!