menyusui

Tahu dan Tempe, Mana yang Paling Bagus untuk ASI Booster?

Annisa Karnesyia   |   HaiBunda

Senin, 20 Jun 2022 14:10 WIB

Tempe dan tahu sama-sama makanan bergizi yang menjadi sumber protein nabati. Tapi, tempe dikatakan lebih bernutrisi karena mengandung kadar protein lebih tinggi dibandingkan tahu, Bunda.

Selain itu, tempe juga mengandung prebiotik, yakni makanan untuk bakteri baik yang ada di saluran cerna. Mengonsumsi tempe selama menyusui dapat mencegah sembelitĀ hingga mengurangi peradangan.

"Tempe sangat kaya prebiotik yang bermanfaat untuk saluran cerna karena kandungan seratnya juga tinggi," ungkap Kubala.


"Sebuah penelitian menemukan bahwa tempe dapat merangsang pertumbuhan Bifidobacterium, sejenis bakteri usus yang menguntungkan," sambungnya.

Mengutip Very Well Fit, tempe juga merupakan sumber vitamin B6 lho. Bunda perlu tahu, vitamin B6 merupakan salah satu sumber nutrisi yang mampu meningkatkan produksi ASI.

"Baik tempe atau tahu adalah sumber protein nabati yang sangat baik. Tapi sebagai makanan fermentasi, tempe memiliki manfaat kesehatan untuk pencernaan dan ini tidak ada di dalam tahu. Tempe juga dapat digunakan sebagai pengganti daging," kata ahli diet Anastasia Climan, RD.

Tempe sebagaiĀ ASI booster sudah banyak dikreasikan ke dalam menu makanan. Bunda dapat mengonsumsinya sebagai lauk di menu makan harian nih.

(ank/pri)
Loading...

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT