sign up SIGN UP search


menyusui

Sering Makan Mi Instan saat Menyusui Bisa Picu Risiko Obesitas pada Bayi

Melly Febrida   |   Haibunda Kamis, 22 Sep 2022 07:11 WIB
Makan mi instan Sering Makan Mi Instan saat Menyusui Bisa Picu Risiko Obesitas pada Bayi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Phiromya Intawongpan
Jakarta -

Ibu menyusui boleh enggak ya makan mi instan? Kalau selama hamil, Bunda sudah menahan diri agar tidak makan mi instan, saat menyusui godaan itu datang lagi. Rasanya ingin makan, tapi khawatir akan berpengaruh pada ASI untuk Si Kecil.

Seperti kita ketahui, mi instan tergolong makanan cepat saji ya Bunda. Bunda bisa dengan cepat dan mudah menyiapkannya, hanya membutuhkan rebusan air.

Sayangnya, meski rasanya lezat dan cepat menghilangkan rasa lapar, mi instan tergolong makanan yang kurang bergizi.


Ibu menyusui makan mi instan

Sebenarnya, tidak ada larangan untuk tidak memakan mie instan selama menyusui, tapi ada baiknya Bunda memilih makanan yang lebih sehat dan bergizi demi kualitas ASI untuk Si Kecil.

Jadi walaupun tidak dilarang, mi instan bukanlah makanan terbaik untuk ibu menyusui. Mi instan biasanya mengandung pati, banyak garam, penyedap buatan, serta lemak jenuh. Kandungan lainnya seperti monosodium glutamat (MSG) dan pengawet juga digunakan untuk meningkatkan rasa dan memperpanjang umur simpan. 

Ahli gizi Suman Agrawal mengatakan bahwa busui perlu menerapkan pola makan yang sehat saat menyusui. Ini penting untuk busui dan bayinya.

“Menyusui adalah fase terpenting dalam kehidupan ibu dan anak karena memenuhi kebutuhan nutrisi dan pengasuhan yang memungkinkan ibu dan bayi terikat secara emosional dengan cara khusus yang tidak dapat ditandingi. Menyusui adalah keterampilan yang dipelajari bagi ibu dan bayi yang membutuhkan waktu dan kesabaran,” katanya seperti dikutip dari laman Times of India.

American Academy of Pediatrics juga tidak menganjurkan busui sering makan junk food seperti mi instan. Busui yang terlalu sering makan mi instan dapat menyebabkan risiko obesitas pada bayinya. 

Kandungan MSG pada mi instan juga dikhawatirkan dapat berdampak pada perkembangan otak bayi.  Karena itu lebih baik makan makanan yang lebih sehat. Untuk menyiasatinya, Bunda bisa menambahkan sayur-sayuran atau bahan lainnya agar bergizi.

Belum lagi bila Bunda ingin menambahkan sensasi pedas pada mi instan. Bunda yang senang rasa yang berempah dan pedas biasanya suka menambahkan cabai atau bawang serta bumbu lainnya pada mi instan. 

Debra Rose Wilson, seorang profesor, peneliti, dan praktisi kesehatan holistik mengatakan, "Rasa yang kuat, seperti bawang putih, mint, dan vanila, dapat memengaruhi rasa ASI," jelasnya dikutip dari Healthline.

"Makanan yang Anda makan selama menyusui harus menjadi pilihan sehat yang membuat Anda merasa baik," ujar Wilson.

Lalu, selain junk food seperti mi instan, makanan apa saja yang sebaiknnya dihindari ibu menyusui? Klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 makanan untuk busui agar BAB bayi lancar.

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN YANG SEBAIKNYA DIHINDARI BUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!