sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Cegah ASI Perah Bau Tengik & Berubah Warna Akibat Enzim Lipase Tinggi

Annisa Karnesyia Jumat, 04 Dec 2020 09:05 WIB
ASI Perah caption
Jakarta -

Bau tengik dan rasa  (ASI) seperti sabun adalah kedua masalah yang kerap dialami ibu menyusui. Masalah ini umumnya terjadi karena kandungan enzim lipase yang tinggi dalam ASI, Bunda.

Menurut konsultan laktasi Meredith Walls CNM, NP, lipase adalah enzim penting yang membantu bayi memecah ASI sehingga dapat dicerna dan menyerap nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Enzim ini biasanya diproduksi di pankreas, namun juga ditemukan di saluran pencernaan bayi baru lahir.

"Lipase secara alami ditemukan dalam ASI. Diyakini bahwa kelebihan enzim ini dapat menyebabkan rasa ASI berubah," kata Walls, dilansir Healthline.


Kandungan enzim lipase juga memengaruhi ASI perah lho. Walls menjelaskan, saat ASI perah disimpan dalam suhu dingin, kadar enzim yang tinggi membuat lemak dalam susu lebih cepat terurai sehingga memengaruhi rasa ASI dan baunya.

Hingga kini, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa enzim lipase tinggi pada ASI bisa menimbulkan dampak buruk pada bayi. Sebab, bayi mampu mencerna ASI yang dikonsumsi tanpa masalah.

"Satu-satunya masalah, yaitu tidak semua bayi suka minum ASI perah yang berubah rasa atau berbau," ujar Walls.

Lalu bagaimana cara mencegah dan mengatasi bau tengik pada ASI perah yang mengandung enzim lipase tinggi? Dikutip dari Parenting Firstcry, berikut 5 caranya:

1. Jangan simpan ASI perah dalam waktu lama

Emzim lipase memecah lemak yang ada di dalam ASI untuk mengubah rasa dan baunya. Proses ini memakan waktu berjam-jaam atau berhari-hari lho.

Untuk mencegah ASI perah bau tengik dan berubah rasa, Bunda sebaiknya tidak menyimpan terlalu lama setelah dipompa. Berikan ASI perah pada si kecil dalam beberapa jam atau hari yang sama saat proses memerah.

Klik NEXT untuk tahu 4 cara lain mengatasi bau tengik pada susu perah ya, Bunda.

Simak juga cara memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner GunawanFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari
(ank/rap)
Cara Cegah ASI Perah Bau Tengik & Berubah Warna Akibat Enzim Lipase Tinggi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi