sign up SIGN UP search

menyusui

7 Cara agar ASI Kental dan Mengenyangkan, Coba Makan Banyak Protein Bun

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Jumat, 11 Nov 2022 07:10 WIB
ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Setiap Bunda pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya ya. Khusus ibu menyusui tentu ingin memberikan ASI yang berkualitas untuk Si Kecil.

Untuk itu, ibu menyusui akan mencari referensi bagaimana cara MengASIhi dengan benar, tidak hanya mengenyangkan Si Kecil tapi juga memberi kontribusi yang nyata untuk tumbuh kembangnya ya, Bunda. 

Mengutip Babycenter, hal terpenting yang harus Bunda ketahui tentang ASI adalah dua jenis susu yang berbeda yang terkandung dalam payudara Bunda. Yakni foremilk dan hindmilk. Keduanya penting untuk pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil, tetapi yang satu biasanya memiliki lemak lebih tinggi daripada yang lain.


Lantas jenis susu manakah yang lebih dibutuhkan Si Kecil, dan bagaimana ASI Bunda bisa kental dan mengenyangkan? Yuk simak terus, Bunda. 

Cara agar ASI kental dan mengenyangkan

Mengutip dari Drinkgt, foremilk adalah susu yang diminum Si Kecil di awal menyusui, Bunda. Sebagian besar mengandung air dengan kombinasi nutrisi lainnya. Kandungannya lebih ringan namun tetap mengenyangkan Si Kecil, tetapi tidak akan membuat mereka puas untuk waktu yang lama.

Bayi yang hanya minum foremilk cenderung harus menyusu lebih sering, yang menyebabkan makan berlebihan. Terlalu banyak foremilk juga diyakini menyebabkan masalah perut dan pencernaan pada bayi, Bunda. 

Sementara, hindmilk adalah susu yang mengikuti foremilk, biasanya di akhir menyusui, dan sangat berlemak. Umumnya dibutuhkan sepuluh hingga lima belas menit bagi bayi untuk melewati ASI pertama, dan saat payudara Bunda kosong, ASI mengalir perlahan dan menjadi lebih kaya. 

Kedua kandungan ini sangat penting untuk menunjang pertumbuhan Si Kecil karena menurut Web MD, keduanya mengandung laktosa yang dibutuhkan Si Kecil untuk berkembang dengan baik. Bukan berarti salah satu lebih baik dari yang lain ya, Bunda. Selama menyusui penuh, Si Kecil akan menelan semua foremilk dan hindmilk yang mereka butuhkan. 

Tubuh Bunda sudah mulai memproduksi ASI pertama (kolostrum) saat Bunda hamil, dan terus membuatnya selama beberapa hari pertama setelah Si Kecil lahir. ASI matang Bunda akan keluar sekitar dua hingga empat hari setelah lahiran. Dirangsang oleh hormon, sistem biologis yang kompleks memungkinkan produksi susu. 

Sistem ini mencakup jaringan saluran susu yang memberikan ASI saat bayi menyusu. ASI berubah tergantung pada kebutuhan Si Kecil yang sedang tumbuh.

Nah, jika Bunda ingin mempunyai ASI yang kental dan mengenyangkan, setidaknya Bunda harus meningkatkan kandungan lemak dalam ASI Bunda ya. Yuk simak terus agar tahu bagaimana caranya. 

Yuk, Bunda klik halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab ASI kental seperti puding.

[Gambas:Video Haibunda]



7 CARA MEMBUAT ASI KENTAL DAN MENGENYANGKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!