sign up SIGN UP search


moms-life

4 Jenis Tanaman Hias Indoor, Mampu Netralkan Bau hingga Usir Nyamuk

Tim HaiBunda Sabtu, 16 Jan 2021 04:00 WIB
Pameran tanaman hias digelar di Plantee Coffee, Jl Ciputat Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (31/10). Tanaman yang dipamerkan berharga ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. caption
Jakarta -

Jakarta - Membuat rumah menjadi lebih cantik dan indah baik di dalam ruangan atau di luar dapat dengan menggunakan tanaman hias. Tentunya dengan rumah yang tampak lebih indah akan membuat lebih betah untuk berada di rumah.

Apalagi manfaat dari adanya tanaman tersebut di rumah tidak hanya sebagai hiasan yang mempercantik, namun ada cukup banyak manfaat untuk kesehatan maupun lainnya. Ada banyak jenis tanaman tersebut yang bisa Anda manfaat untuk menghias rumah, contohnya tanaman hias gantung.

Tanaman tersebut cocok untuk Bunda yang suka dengan hal-hal yang estetik. Bunda hanya perlu mencocokkan saja tanaman apa yang sesuai dengan desain interior atau eksterior rumah, tergantung Bunda akan menempatkannya di mana nantinya.


Tidak hanya ada tanaman hias bunga yang bisa Bunda gunakan untuk mempercantik rumah, namun tanaman daun juga beragam yang dapat dipilih. Bahkan beberapa tanaman hias daun jika dibudidayakan dengan baik bisa menjadi bisnis yang menjanjikan dan mendatangkan banyak keuntungan.

Seperti yang disebutkan di atas, ada banyak manfaat dari mempunyai atau meletakkan tanaman hias indoor maupun outdoor di rumah untuk kesehatan, selain mempercantik desain. Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat tersebut, di sini akan dibahas beserta dengan beberapa jenis tanaman yang bisa digunakan. Untuk itu, mari simak pembahasannya berikut ini ya, Bun!

Ilustrasi tanaman hiasIlustrasi tanaman hias/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Orientfootage

Manfaat Tanaman Hias di Rumah

1. Membantu Menghilangkan Partikel-Partikel Beracun yang Ada di Udara
Tidak hanya dapat membuat mata menjadi lebih segar saat melihatnya, tanaman atau tumbuhan hias juga mampu untuk menyegarkan pernapasan. Hal itu karena ada beberapa spesies tanaman tersebut yang ampuh menghilangkan partikel-partikel polutan yang ada di udara.

Tanaman-tanaman tersebut mampu untuk menyaring serta menghilangkan kandungan trichloroethylene, ammonia, xylene, benzena, dan formaldehida dari udara. Sehingga penyakit seperti pusing, iritasi, alergi hingga gangguan saluran pernapasan dapat dicegah.

2. Membantu Mengurangi Debu yang Ada dalam Ruangan
Di musim kemarau kering, debu akan lebih mudah untuk bertebaran. Nah, sebagai salah satu solusinya adalah dengan menggunakan atau meletakkan tanaman di dalam ruangan yang bisa melepaskan 95 - 97% kandungan airnya ke udara. Hal itu karena kadar air tersebut akan menciptakan kelembapan yang bisa untuk menangkap serta menyerap debu di dalam ruangan.

3. Mampu Mengusir Nyamuk
Sebagai negara dengan iklim tropis, nyamuk menjadi serangga yang cukup mengganggu sehari-hari bagi masyarakat Indonesia. Biasanya orang-orang akan menggunakan semprotan nyamuk untuk mengusir atau membunuh serangga tersebut. Namun, yang disayangkan adalah masih banyak semprotan nyamuk yang mengandung berbagai bahan kimia yang kurang baik untuk kesehatan tubuh penghuni rumah.

Nah, daripada Bunda menggunakan semprotan nyamuk yang kurang baik tersebut, lebih baik Bunda menggunakan tumbuhan hias yang dibenci oleh nyamuk sehingga rumah menjadi terbebas dari gangguan serangga tersebut.

4. Membantu Menurunkan Kebisingan
Masih banyak yang belum mengetahui jika tanaman bisa membiasakan gelombang suara ke ruangan. Tentunya hal tersebut sangat berguna bagi Bunda yang letak rumahnya dekat jalan raya karena mampu mengurangi kebisingan. Beberapa tanaman dalam ruangan yang berdaun lebar sebaiknya Bunda simpan di rumah karena akan membantu Bunda merasakan ketenangan dari kebisingan akibat hiruk pikuk kota yang sangat ramai.

5. Menetralkan Bau Tidak Sedap
Pada beberapa waktu, pasti ada saat rumah Bunda tiba-tiba diserang oleh bau yang tidak sedap, entah itu karena sampah atau kotoran hewan peliharaan. Beberapa orang memang akan menggunakan pengharum ruangan yang mengandung bahan kimia untuk menghilangkan bau tersebut. Namun, seperti yang disebutkan di atas, jika beberapa bahan kimia tidak baik untuk kesehatan.

Nah, daripada Bunda menggunakan pengharum ruangan berbahan kimia, sebaiknya Bunda gunakan saja tumbuhan hias sebagai pewangi alami dalam ruangan. Dengan begitu, selain bau akan hilang, kesehatan Bunda dan keluarga juga terjaga.

6. Membantu Tidur Menjadi Lebih Nyenyak
Jika Bunda sering mengalami gangguan tidur, sebaiknya jangan langsung mengonsumsi obat tidur karena kurang baik untuk tubuh. Nah, sebagai penggantinya Bunda bisa menggunakan tanaman dalam ruangan yang memiliki wangi menenangkan.

Tanaman-tanaman tersebut akan membuat detak jantung dan tekanan darah menurun, lalu juga membantu mengurangi stres, kecemasan, maupun rasa sakit yang mengganggu tidur. Dengan berkurangnya faktor penyebab susah tidur seperti itu, tentu tidur Bunda akan lelap dan nyenyak.

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat dari tanaman hias di atas, mari ketahui mengenai berbagai jenis tanaman tersebut yang bagus dan cocok untuk Bunda rawat di rumah, tentu juga dengan berbagai manfaatnya. Untuk itu, pembahasannya adalah sebagai berikut:

Berbagai Jenis Tanaman Hias yang Cocok Dirawat di Rumah dan Manfaatnya

1. Monstera
Jenis tanaman yang pertama adalah Monstera. Saat ini jenis tanaman yang sedang hits adalah Monstera deliciosa. Tanaman ini mempunyai cukup banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Misalnya tanaman ini mampu untuk menyerap CO2 ketika malam hari serta melepas oksigen.

Dengan begitu, membuat ruangan menjadi lebih segar saat di pagi hari. Tidak hanya itu, tanaman ini mampu untuk menyerap berbagai zat buruk, contohnya
Formaldehida. Maka dari itu, tanaman ini sangat bagus jika dirawat di rumah, selain jenis Deliciosa, Anda juga dapat merawat Monstera variegata.

2. Sirih Gading
Jenis tanaman dalam ruangan yang cocok untuk dirawat dan sangat bermanfaat selanjutnya adalah Sirih Gading. Tanaman ini mempunyai banyak manfaat yang bagus untuk tubuh dan kesehatan.

Beberapa manfaat tersebut seperti mampu menyerap polusi dan racun di udara, mampu untuk mengolah racun menjadi oksigen yang segar, membantu untuk mengatasi masalah pernapasan, membantu dalam menetralisir ruangan dari bau-bau tidak sedap, membantu mengatur sirkulasi udara yang ada di dalam ruangan, membantu menghilangkan bau dari asap rokok, hingga membantu menenangkan kondisi psikologis penghuni rumah.

Ada banyak jenis tanaman ini yang bisa Bunda pilih, antara lain seperti Gading Philo Brazil, Gading Hijau, Gading Lemon, Gading Ungu, Gading Silver, Varigata, dan Gading Kuning.

Modern composition of home garden.Ilustrasi tanaman hias/ Foto: iStock

3. Aglaonema
Aglaonema sering juga disebut sebagai tanaman Sri Rejeki. Jika Anda mencari tanaman yang mudah beradaptasi meskipun ditaruh di dalam ruangan, maka tanaman ini sangat cocok menjadi pilihan. Hal itu karena meski ruangan sangat minim terkena sinar matahari, tanaman ini masih bisa bertahan hidup.

Tanaman ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mampu menyerap polutan di udara. Dengan begitu, udara di dalam ruangan selain akan terasa lebih segar juga akan menjadi lebih sehat.

4. Calathea
Calathea adalah tanaman yang cocok untuk menghias dalam ruangan rumah yang selanjutnya. Tanaman ini ada cukup banyak jenisnya seperti Makoyana, Lancetolistna, Tabby, Picturata, Falistolistna, dan Crocata. Tanaman ini dipercaya sebagai tanaman yang membawa kebaikan, sehingga banyak yang menjulukinya juga sebagai 'tanaman doa'.

Nah, demikian pembahasan di artikel ini mengenai manfaat dan berbagai jenis tanaman hias yang bermanfaat jika disimpan di rumah. Bagaimana, menarik bukan mempunyai tanaman tersebut di rumah? Jadi, tunggu apalagi? Yuk, mari segera rawat di rumah! 

Simak juga jenis tanaman hias beracun dan tidak boleh disentuh anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner GKR BendaraFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari
(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi