sign up SIGN UP search

moms-life

Cerita Wanita RI Ikhlas Dilabeli Madam & Babu Usai Dinikahi Bule Finlandia, Kenapa?

Annisa A Senin, 11 Oct 2021 19:25 WIB
BEDA MADAM DAN BABU
Chimy dan Suami Bule Finlandia caption

Sempat menjalani kehidupan sebagai ekspatriat di Vietnam, Chimy merasakan banyak perbedaan dari kehidupan sebagai Madam dan 'Babu'. Sewaktu menjadi Madam di Vietnam, Chimy memiliki banyak waktu luang karena tak perlu mengerjakan urusan rumah tangga.

"Kalau dulu jadi ekspat, otomatis memang dulu punya orang yang membantu pekerjaan rumah. Karena dulu kan ukuran rumahnya lebih besar. Apalagi aku sekolah di sana, jadi aku jarang di rumah," kata Chimy.

Ketika tinggal di Vietnam, Chimy sempat menjalani pendidikan fashion design. Hal itu ia lakukan untuk mengisi waktu luang. Sebab, Chimy tidak bisa bekerja seperti suaminya karena belum memiliki visa kerja.


Setelah menjalani kehidupan sebagai ekspatriat di Vietnam, Chimy dan suaminya harus pulang ke Finlandia. Chimy pun kembali menjadi imigran biasa. Label Madam yang sempat menempel pada Chimy kini berganti dengan 'Babu' nih, Bunda.

Chimy kembali sibuk mengurus urusan rumah tangga. Tak hanya itu, ia juga harus mengasuh anak-anaknya sendiri tanpa bantuan pengasuh. Meski begitu, ia tetap menikmati kehidupannya sebagai imigran biasa di Finlandia.

Chimy mengaku bahwa ia tidak ingin mendapat label Babu meski tak lagi hidup seperti Madam. Menurutnya, pekerjaan rumah tangga adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh siapapun meski tak memiliki ART.

"Banyak yang bilang kalau nikah sama bule cuma disuruh jadi Babu. Itu sih tergantung ke kitanya saja. Kalau kita ikhlas mengerjakan ya tidak apa-apa. Namanya pekerjaan rumah kan memang tanggung jawab," tutur Chimy.

Saat ini Chimy menikmati kehidupannya di Finlandia bersama suami. Selain mengurus rumah dan anak, ia juga masih melanjutkan sekolahnya lho. Namun, tetap saja ada hal yang dirindukan dari kehidupan sebagai Madam. Simak di halaman berikutnya.

LEBIH MINIM HIBURAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!