parenting

Reaksi Ortu Saat Ketahuan Bercinta Disesuaikan dengan Usia Anak

Melly Febrida Sabtu, 12 Oct 2019 15:02 WIB
Reaksi Ortu Saat Ketahuan Bercinta Disesuaikan dengan Usia Anak ilustrasi pendidikan seks pada anak/ Foto: iStock
Jakarta - Salah satu hal yang ditakutkan orang tua saat berhubungan intim adalah dipergoki oleh anak. Nah, jika Bunda Ayah ketahuan sedang bercinta oleh anak, ada penjelasan yang bisa diberi ke mereka sesuai usianya.

Pakar parenting Dr.Justin Coulson mengatakan hubungan seks memang menguatkan relasi suami istri serta membangun keintiman yang bikin keluarga lebih bahagia. Tapi, anak-anak memang tidak sepantasnya melihat aktivitas seksual orang tuanya.

Menurut Coulson, berikut reaksi orang tua yang bisa ditunjukkan ketika ketahuan bercinta oleh si kecil, berdasarkan usianya.


1. Anak di bawah 5 tahun

Coulson bilang, balita biasanya sangat memperhatikan keselamatan Bundanya. Makanya, Bunda bisa jelaskan bahwa yang dilakukan Ayah pada Bunda enggak menyakiti kok.

2. Anak usia 5-8 tahun

Coulson mengatakan, bila anak seusia ini melihat orang tuanya sedang bercinta, Bunda bisa menjelaskan bahwa itu cara untuk menunjukkan rasa cinta Ayah dan Bunda atau orang dewasa yang menikah. Namun, pastikan anak-anak harus tahu bahwa itu sama sekali bukan untuk anak-anak.

"Percakapan ini bisa diperluas dengan informasi tentang bagaimana bayi dibuat yang disesuaikan dengan usia, kedewasaan, dan minat anak," ujar Coulson.

3. Anak-anak berusia 9 tahun ke atas

Menurut Coulson, pada usia ini anak bisa saja merasa khawatir atau penasaran pada apa yang dilihat. Tapi, dia berusaha menghindari percakapan tentang yang dilihatnya pada ayah dan bunda.

Ilustrasi pendidikan seksIlustrasi pendidikan seks/ Foto: iStock
Kebanyakan kasus, kata Coulson, anak tak akan bertanya. Namun, orang tua harus selalu memberi kesempatan anak untuk bertanya. Bunda perlu meluangkan waktu untuk membicarakannya dan berdiskusi panjang tentang apa itu seks.

"Ketika anak-anak bertambah besar, sangat penting kita mendiskusikan tentang seks, keintiman, dan cinta secara teratur, terbuka, dan positif. Dengan menjamurnya pornografi, kita perlu memberi mereka pesan yang aman, jelas, dan positif tentang seks," kata Coulson mengutip Kidspot.

Coulson juga mengingatkan, ketika berbicara tentang privasi, sebaiknya orang tua mengingatkan anak-anak agar mereka mengetuk pintu kamar ketika ditutup.



Sementara itu, edukator seks Deborah Roffman menegaskan ketika situasinya seperti ini, hal pertama yang orang tua bisa katakan adalah mereka memiliki waktu pribadi satu sama lain. Sama seperti anak ketika berada di kamarnya.

"Sesuaikan bahasa soal privasi ini dengan contoh konkret," kata Roffman dilansir Fatherly.

Simak juga kunci Nadya Mulia dan suami dalam mengasuh anak-anak mereka di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi