sign up SIGN UP search


parenting

5 Jenis Makanan Kaya Vitamin A untuk Kesehatan Mata Anak

Annisa Karnesyia Selasa, 09 Feb 2021 11:50 WIB
Anak makan caption
Jakarta -

Memenuhi kebutuhan nutrisi anak di masa pertumbuhan sangat penting, Bunda. Salah satunya adalah pemenuhan vitamin A dari makanan yang dikonsumsi si kecil sehari-hari.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), kekurangan vitamin A memengaruhi sekitar 190 juta anak usia prasekolah. Kebanyakan kasus ini terjadi di Afrika dan Asia Tenggara.

Padahal, pada bayi dan anak-anak, vitamin A sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan membantu mengatasi infeksi. Asupan vitamin A yang tidak cukup bisa menyebabkan gangguan kesehatan.


"Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan penglihatan berupa rabun senja dan bisa meningkatkan risiko penyakit serta kematian akibat infeksi pada masa kanak-kanan, termasuk penyakit campak dan diare," kata WHO, dalam laman resminya.

WHO menjelaskan, vitamin A aman diberikan dalam dosis besar pada anak-anak. Sebab, vitamin ini dapat disimpan di dalam tubuh dan digunakan sesuai kebutuhan seiring waktu.

Perlu Bunda tahu, vitamin A mengacu pada senyawa organik termasuk pembentuk vitamin A dan provitamin karotenoid. Pembentuk vitamin A di antaranya adalah senyawa seperti retinol, retinal, asam retinoat yang berasal dari produk hewani.

Nah, sedangkan provitamin karotenoid merupakan pigmen nabati yang dapat diubah sel menjadi provitamin A. Bentuk paling umumnya adalah beta karoten yang terdapat dalam beberapa jenis makanan.

Dilansir Parenting Science, vitamin A sudah dibutuhkan anak sejak dalam kandungan. Selama masa kehamilan, bayi membutuhkan vitamin ini untuk perkembangan organnya.

Vitamin A juga diperlukan untuk transkripsi gen dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin ini berfungsi untuk perkembangan mata, termasuk kemampuan untuk melihat dalam kondisi pencahayaan gelap.

Kebutuhan vitamin A pada anak-anak

Berikut kebutuhan vitamin A per hari pada anak-anak berdasarkan usia:

Usia 1-3 tahun = 300 mikrogram (mcg) retinol activity equivalent (RAE) atau 1.000 IU per hari

Usia 4-8 tahun = 400 mcg RAE atau 1.330 IU per hari

Usia 9-13 tahun = 600 mcg RAE atau 2.000 IU per hari.

Vitamin A bisa didapatkan dari makanan anak, Bunda. Baca halaman berikutnya untuk tahu jenis-jenis makanan yang mengandung vitamin ini yuk.

Simak juga manfaat luar biasa anak konsumsi buah dan sayuran, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Melly Goeslaw Sukses Diet
5 Jenis Makanan Kaya Vitamin A untuk Kesehatan Mata Anak
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi