sign up SIGN UP search


parenting

Cara Deteksi Dini Hipospadia, Cek Alat Kelamin Bayi Sejak Lahir Bun

Annisa Karnesyia Rabu, 09 Jun 2021 16:55 WIB
PENTINGNYA CEK ALAT KELAMIN BAYI SETELAH LAHIR
Kesehatan anak caption

Hipospadia dan kelainan genital bisa dideteksi saat masa kehamilan, Bunda. Menurut Dr.dr. Irfan Wahyudi, Sp.U (K), pemeriksaan melalui ultrasonografi (USG) di trimester kedua biasanya bisa mendeteksi kelaianan organ ini.

Meski begitu, penatalaksaaan operasi hanya bisa dilakukan ketika bayi lahir. Pada kasus hipospadia, bayi bisa dioperasi ketika tubuhnya sudah siap, yakni berusia 6 bulan.

Setelah melahirkan, Bunda perlu melakukan cek alat kelamin si Kecil ya. Waktu penting ini dimulai saat bayi lahir. Tanyakan ke dokter tentang kondisi alat kelamin bayi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan.


"Idetifikasi genital penting ditanyakan selain jenis kelamin. Pertanyaan ini seperti panjang penis, lokasi lubang kencing, bentuk penis, dan ada atau tidaknya testis pada kantung zakar," kata Irfan.

Selain itu, waktu penting lainnya adalah saat Bunda memandikan anak hingga melatih toilet training sekitar usia 2 tahun. Bila anak menyadari alat kelaminnya berbeda atau mengalami kesulitan berkemih, sebaiknya Bunda segera bawa ke dokter ya.

Waktu penting lain untuk dapat mengetahui kondisi ini adalah saat anak sunat. Bunda bisa minta dokter melihat alat kelamin si Kecil untuk memastikan kondisinya.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi