sign up SIGN UP search


parenting

Mengenal Pica, Gangguan Makan yang Bikin Anak 3 Tahun di Tegal Suka Makan Tanah

Annisa Karnesyia Rabu, 15 Sep 2021 18:40 WIB
Displeased girl refusing to eat cherry tomato while her mother is feeding her. Mengenal Pica, Gangguan Makan yang Bikin Anak 3 Tahun di Tegal Suka Makan Tanah/ Foto: iStock
Jakarta -

Kebiasaan makan anak bisa beragam. Tapi bagaimana jadinya kalau Si Kecil suka makan sesuatu yang aneh, seperti tanah ya, Bunda?

Di Kota Tegal, Jawa Tengah, fenomena ini terjadi pada anak 3 tahun berinisial VF yang suka makan tanah dan pecahan tembok. Kebiasaan ini diduga muncul karena orang tua di anak tidak pernah membelikan jajan.

Selain tanah, ada pula anak yang gemar makan kertas, kerikil, pasir, hingga rambut. Lalu apakah hal ini wajar ya, Bunda?


Nah, baru-baru ini, dr. Kurniawan Satria Denta dari RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta menjelaskan kebiasaan makan aneh yang dialami bocah 3 tahun itu. Dalam akun Twitter miliknya, dokter yang akrab disapa Denta ini mengatakan bahwa anak tersebut mengalami pica, dan sebabnya bukan karena tidak diberikan jajan ya.

"Kemungkinan besar pica, akibat kekurangan zat besi.. Bukan karena jarang dikasih jajanan," tulis Denta, dikutip dari Twitter @sdeta, Senin (13/9/21).

Banner TKW Blitar dapat Hadiah MewahFoto: HaiBunda/Mia

Dalam salah satu jawaban ke netizen, Denta menjelaskan bahwa pica pada anak bisa terjadi karena kekurangan nutrisi tertentu, seperti zat besi. Selain itu, pica dapat disebabkan adanya gangguan tumbuh kembang atau perilaku anak, misalnya autisme.

"Perlu dilacak lebih lanjut penyebabnya jika terjadi pica agar terapi anak lebih optimal," ujarnya.

Anak tak begitu saja dikatakan pica karena gemar makan aneh ya, Bunda. Pica terjadi di atas usia 2 tahun dan pola makan ini berlangsung lebih dari sebulan.

"Kalau sampai usia 2 tahun sih iya bisa jadi memang masih dalam tahap explorasi dengan mulutnya. Tapi kalo dah di atas itu usianya, apalagi berlangsung lebih dari sebulan ya itu disebut pica," tulis Denta.

Pica adalah masalah makan yang bisa dialami anak-anak hingga orang dewasa. Menurut penjelasan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pica merupakan istilah yang menunjuk pada keinginan kuat untuk memakan benda-benda yang bukan merupakan makanan.

Benda-benda yang dimakan oleh pasien atau anak mengidap pica adalah lumpur, batu es, tanah liat, lem, pasir, kapur, lilin tawon lebah, permen karet, kanji laundry, dan rambut, kodok, dll.

Lalu benarkah pica dikaitkan dengan kekurangan gizi? baca halaman berikutnya.

Simak juga 6 cara membujuk anak yang menolak sarapan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

HUBUNGAN PIKA DAN MALNUTRISI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!