sign up SIGN UP search


parenting

7 Pola Asuh yang Sebaiknya Diterapkan Sejak Dini ke Anak, Baca hingga Makan Bersama

Annisa Karnesyia Selasa, 23 Nov 2021 20:35 WIB
Makan bersama keluarga untuk diajarkan pada anak-anak Tips Parenting untuk Orang Tua Baru/Foto: Getty Images/iStockphoto/monkeybusinessimages
Jakarta -

Menjalani peran sebagai orang tua baru bisa jadi tantangan nih, Bunda. Apalagi, bila Ayah dan Bunda memutuskan untuk merawat dan mengasuh anak sendiri tanpa bantuan orang lain.

Sebelum Si Kecil lahir, Ayah dan Bunda sebaiknya sudah membuat rencana tentang gaya parenting yang akan diterapkan saat mengasuh anak. Sebab, seringkali banyak orang tua melewatkan bagian penting dari pola asuh anaknya.

Ingat ya, setiap anak itu berbeda. Tapi, cara kita mendidik anak bisa membentuk karakternya di masa depan.


"Setiap anak bisa mengubah orang tuanya jadi berbeda dengan kemampuannya yang juga berbeda dengan anak lain. Mereka bisa menjadi pemicu stres. Terkadang untuk mengasuh anak memerlukan pendekatan yang berbeda," kata psikolog anak Ann-Louise T. Lockhart, PsyD, dilansir Very Well Family.

Banner Tren Diet KpopFoto: HaiBunda/Mia

Gaya parenting bisa direncanakan sebelum anak lahir. Diskusikan gaya parenting ini dengan Ayah agar Bunda bisa bekerja sama membentuk kepribadian positif dalam diri Si Kecil.

Nah, berikut telah HaiBunda rangkum dari News Week, 7 tips parenting untuk orang tua baru yang bisa direncanakan sebelum anak lahir:

1. Kenalkan anak dengan buku

Bunda perlu mengenalkan anak dengan buku sejak kecil ya. Melalui buku, kemampuan literasi anak bisa berkembang dengan baik.

Selain membacakan buku, Bunda sering mengajak anak ke perpustakaan nih. Banyak perpustakaan yang kini memiliki program khusus anak-anak.

Nah, supaya kunjungan ke perpustakaan enggak membosankan, Bunda perlu membuatnya menarik. Ajarkan anak cara menggunakan kartu perpustakaan untuk meminjam buku atau cara mencari buku kesukaannya di rak. Jangan lupa untuk memilih program yang menarik untuk anak selama di perpustakaan.

Jadikan kunjungan ini sebagai rutinitas ya. Setidaknya, masukkan jadwal kunjungan ke perpustakaan setiap minggu. Perpustakaan bisa meningkatkan minat baca anak dan mengembangkan minat mereka ke depannya.

Simak juga 6 tips membangun kepercayaan diri anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPA PARENTING ORANG TUA BARU: BIASAKAN MAKAN BERSAMA KELUARGA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!