sign up SIGN UP search


parenting

10 Tanda Bayi ASI Alami Malnutrisi, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Kamis, 25 Nov 2021 11:17 WIB
Mother calming her crying baby girl Ilustrasi Tanda Bayi ASI Alami Malnutrisi/ Foto: dok. iStock
Jakarta -

Air Susu Ibu (ASI) merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan bayi sebelum dikenalkan dengan makanan pendamping. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, Bunda.

ASI dapat mencegah malnutrisi karena mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu, kandungan ASI juga dapat melindungi bayi dari infeksi.

Pemberian ASI yang tepat bisa mencegah kekurangan gizi bahkan malnutrisi lho. Bayi ASI mengalami malnutrisi karena pemberian yang tidak tepat.


Menurut Dokter Spesialis Anak, dr.Meta Hanindita, SpA(K), malnutrisi adalah gangguan nutrisi dengan segala bentuknya, mulai dari pola makan yang tidak sehat, defisiensi makronutrien dan mikronutrien, sampai ketidakseimbangan asupan energi.

Banner Wanita Pontianak Nikahi Bule

"Malnutrisi sebenarnya terjadi bukan karena kekurangan nutrisi saja, tetapi juga karena kelebihan dan ketidakseimbangan nutrisi," kata Meta, dikutip dari buku Tanya Jawab Tentang Nutrisi Di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak.

Malnutrisi bisa mengancam masa depan anak bila tidak dicegah sejak dini. Sebab, kekurangan atau kelebihan nutrisi dapat memengaruhi tumbuh kembang anak secara keseluruhan, termasuk perkembangan otaknya.

Penulis buku 77 Permasalahan Anak dan Cara Mengatasinya, Ana Widyastuti, M.Pd, Kons, mengatakan bahwa penyebab malnutrisi cukup beragam. Namun, bila semakin parah, malnutrisi dapat menyebabkan kerusakan pada otak anak.

"Malnutrisi dapat disebabkan anak tidak mengonsumsi makanan bergizi secara cukup, tidak dapat menyerap zat yang dibutuhkan, atau terlalu banyak makan. Anak yang mengalami malnutrisi rentan terkena infeksi," kata Ana.

Bayi ASI yang sudah mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI) atau belum bisa mengalami malnutrisi. Hal ini dapat disebabkan karena jarang disusui hingga tidak diberikan asupan bergizi dalam menu MPASI-nya.

Lalu apa saja tanda bayi ASI alami malnutrisi? Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga 2 jenis kekurangan energi protein pada anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
TANDA BAYI ASI MALNUTRISI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!