sign up SIGN UP search


parenting

7 Tanda Bayi Sedang Caper pada Bunda, Berikan Perhatian Lebih Ya

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 07 May 2022 11:30 WIB
Bayi menangis caption

Jakarta - Sebagian besar orang tua, termasuk Bunda mungkin tidak menyadari Si Kecil sedang mencari perhatian. Mereka tidak bisa berbicara, atau mungkin berjalan ke arah Bunda untuk mendapatkan perhatiannya. Oleh karena itu, Si Kecil sering kali memberi tahu dengan cara yang lain lho.

Mungkin Bunda akan merasa ada sesuatu yang berbeda dengan Si Kecil, misalnya menangis tidak henti lebih dari yang biasanya, tetapi Si Kecil yang menangis terus-menerus bukan hanya karena demam saja lho, bisa jadi Si Kecil sedang mencari perhatian Bunda.

Nah, bagaimana agar bisa mengenali cara Si Kecil yang sedang mencari perhatian? Apa saja tanda Si Kecil sedang membutuhkan perhatian? Untuk membantu Bunda mengenali tanda-tanda Si Kecil yang sedang butuh perhatian, yuk simak penjelasan berikut ini.


1. Si Kecil sulit untuk diam

Bayi yang membutuhkan perhatian akan berusaha mendapatkannya dengan cara menangis atau membuat keributan. Misalnya, jika Bunda meletakkan Si Kecil di lantai atau tempat tidur dan pergi ke ruangan lain selama beberapa menit, Si Kecil akan menangis dengan keras sampai Bunda kembali dan menggendongnya.

Banner 40 Ciri Hamil

2. Si Kecil tidak tidur siang

Menurut National Sleep Foundation, bayi yang baru lahir idealnya tidur 14 hingga 17 jam dalam sehari, dan bayi yang berusia 11 bulan perlu tidur sekitar 12 hingga 15 jam per haru, meski bukan jam yang teratur.

Jika Si Kecil membutuhkan perhatian, tidur siang merupakan kemewahan yang jarang terjadi di rumah. Bukan tidak sama sekali, tetapi saat bayi lain tidur selama 2 hingga 3 jam setiap kalinya, tidur siang Si Kecil sangat singkat. Mereka mungkin bangun setelah 20 atau 30 menit, gelisah dan menangis.

Ilustrasi bayi menangis7 Tanda Bayi Sedang Caper pada Bunda, Berikan Perhatian Lebih Ya / Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis


3. Sulit tidur sendiri

Melansir dari laman Healthline, bayi yang membutuhkan perhatian memiliki kecemasan perpisahan yang lebih kuat, tidur di kamar sendiri jarang sekali terjadi. Si Kecil mungkin bisa tidur tepat di sebelah Bunda lama setelah bayi lain seusia mereka lebih mandiri.

Saat Bunda menempatkan mereka di tempat tidur saat mereka tertidur di pangkuan Bunda, ketahuilah bahwa ini mungkin berhasil atau tidak. Si Kecil mungkin merasakan ketidakhadiran Bunda dan bangun menangis dalam beberapa menit setelah diturunkan.

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Tonton juga yuk video tentang cara agar anak tak rewel saat berada di pesawat.

[Gambas:Video Haibunda]



SULIT TENANG HINGGA SULIT MENERIMA SUSU FORMULA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!