sign up SIGN UP search


parenting

Si Kecil Sembelit? Ini 10 Rekomendasi Obat Sulit BAB untuk Anak 3 Tahun

Asri Ediyati   |   Haibunda Senin, 13 Jun 2022 22:50 WIB
Cute Baby boy on yellow potty looking up ilustrasi/ Foto: Getty Images/dmphoto
Jakarta -

Sembelit atau konstipasi adalah masalah pencernaan ketika feses sulit untuk dikeluarkan. Ya, tanda anak mengalami konstipasi adalah kesulitan BAB. Hal ini terjadi karena feses yang dikeluarkan keras dan terkadang volumenya besar.

Feses menjadi keras dan kering ketika usus besar mengambil atau menyerap terlalu banyak air, Bunda. Anak yang mengalami sembelit, gerakan otot usus besarnya akan menjadi lambat. Hal ini membuat feses yang bergerak melalui usus besar menjadi terlalu lambat.

Sementara, usus besar menyerap terlalu banyak air dan akhirnya feses menjadi sangat keras dan kering. Nah, begitu seorang anak menjadi sembelit, masalahnya bisa dengan cepat menjadi lebih buruk. Feses yang keras dan kering bisa menyakitkan untuk dikeluarkan. Tentu ini membuatnya tidak merasa nyaman ya, Bunda.


Kali ini HaiBunda merangkum dari berbagai sumber, obat pencahar agar anak tidak sulit BAB. Obat yang dibahas adalah obat yang cocok untuk usia 3 tahun. Berikut daftar obatnya:

1. Dulcolactol Syrup

Dulcolactol adalah bentuk sediaan sirup yang bekerja nyaman untuk susah BAB. Dulcolactol bisa dicampur untuk dewasa, manula dan anak, serta memiliki dosis untuk bayi di bawah 1 tahun, Bunda.

Cara kerjanya, Dulcolactol mengandung laktulosa yang bekerja melunakkan kotoran sehingga mudah dikeluarkan dan BAB terasa nyaman. Untuk dosis, Anak 1 - 5 tahun diberikan dosis awal 5 mL 2x per hari.

Untuk pemeliharaan 5-10 mL per hari. Lalu, untuk anak < dari 1 tahun diberikan dosis awal 2,5 mL 2x per hari, lalu untuk pemeliharaan 5 mL per hari.

2. Lactulax Syrup

Lactulax Syrup adalah obat pencahar atau laksatif yang dapat membantu mengatasi sembelit atau konstipasi kronik. Lactulax mengandung laktulosa yang dapat merangsang pergerakan dan mengikat cairan di dalam usus sehingga kotoran menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan, serta aman dikonsumsi oleh segala usia, Bunda. 

Dosisnya, anak usia 1 - 5 tahun: 5 - 10 ml/hari. Sementara, bayi di bawah usia 1 tahun: 5 ml/hari.

3. Microlax

Microlax bisa mengatasi susah buang air besar atau sembelit dan dapat digunakan oleh bayi, anak-anak, dan dewasa. Dosisnya, anak usia di atas 3 tahun: 1 tabung.
Anak usia di bawah 3 tahun dan bayi: 0,5 tabung (2,5 ml).

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video tentang atasi masalah sembelit pada anak:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
OBAT SULIT BAB UNTUK ANAK 3 TAHUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!