sign up SIGN UP search


parenting

Cerita Pakar Hipnoterapi Sembuhkan Anak Takut Nasi, Susah BAB & Kecanduan Game

Asri Ediyati   |   Haibunda Senin, 20 Jun 2022 09:41 WIB
Ilustrasi Bipolar anak Ilustrasi anak terapi/ Foto: iStockphoto
Jakarta -

Bunda mungkin pernah mendengar hipnoterapi. Ternyata terapi ini tak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak. Belakangan, viral di TikTok, terapis bernama Andi Efans membagikan cerita kliennya yang masih anak-anak.

Dalam video TikTok, anak tersebut diketahui sulit makan, hanya mau makan snack seperti wafer, biskuit dan sejenisnya. Anak itu menolak untuk konsumsi makanan yang umumnya dimakan seperti nasi, sayur, buah, Bunda.

Namun, berkat hipnoterapi, perlahan anak tersebut 'sembuh' dan mau makan, Bunda. Terkait hipnoterapi, HaiBunda berkesempatan untuk berbincang dengan Andi Efans, terapis hipnoterapi yang juga menangani klien anak.


Menurut Andi, inti dari metode hipnoterapi itu menggunakan sugesti dan ada beberapa prosedur atau langkah-langkah yang harus dilakukan. Seperti pra induksi, induksi, deepening, baru nanti pemberian sugesti dan terminasi.

"Kalau metode hipnoterapi secara keseluruhan kan panjang. Intinya, hipnoterapi adalah teknik terapi untuk membantu menyelesaikan masalah psikis, mental, dan emosi orang yang mengalami itu semua," ungkapnya saat dihubungi HaiBunda, baru-baru ini via telepon.

"Ilmu dasarnya (hipnoterapi) itu hipnotis, dari hipnotis ini salah satu pengembangannya bisa hipnoterapi dari situ. Jadi ilmu dasarnya masih hipnotis, jadi hipnoterapi terapi yang menggunakan hipnotis."

Andi kemudian menjelaskan, ada perbedaan pendekatan pada anak-anak dan dewasa saat menjalani hipnoterapi. Anak-anak berbeda sekali dengan dewasa, Bunda. Kata Andi, anak-anak harus lah merasa nyaman dahulu dengan terapisnya. Jika sudah nyaman, baru lah masuk ke sesi hipnoterapi.

"Beda dengan dewasa, datang masuk ruang terapi, duduk manis, bisa langsung lakukan. Kalau anak tidak, kadang datang nangis, main dahulu. Jadi senyaman anak mungkin."

Andi mengatakan, biasanya keluhan anak lebih sulit dan lebih lama penanganannya daripada keluhan dewasa. Namun, untuk waktu penanganannya tergantung klien dan masalahnya seperti apa.

Untuk anak yang sulit makan, sebut Andi, bisa lima sampai tujuh kali terapi. Kalau anak biasanya mogok sekolah atau kecanduan game, maka maksimal dilakukan tujuh kali terapi. "Jenjang terapinya 4-5 hari sekali, maksimal satu minggu sekali," ucapnya.

Dari pengalamannya, keluhan anak pun bervariasi. Mulai dari susah makan, sulit BAB, kecanduan game, mogok sekolah. Soal batasan usia, sejak usia berapa anak sudah bisa dihipnoterapi? Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Banner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 JutaBanner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 Juta/ Foto: Annisa Shofia
HIPNOTERAPI PADA ANAK, BISA SEJAK USIA BERAPA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!