sign up SIGN UP search


trending

Sungai Aare yang Sedingin Es dan Rahasia Jasad Eril Masih Utuh Setelah 14 Hari Tenggelam

Annisa A   |   Haibunda Jumat, 10 Jun 2022 23:28 WIB
Ridwan Kamil caption
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak henti bersyukur usai jasad putranya ditemukan. Jenazah Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss.

Jasad Eril dilaporkan telah dievakuasi pada Kamis pagi (9/6/2022) pukul 06.50 waktu setempat. Jenazah didapatkan dalam kondisi tubuh yang masih utuh, Bunda.

Tak hanya itu, Ridwan Kamil juga mengatakan bahwa kondisi sang putra terlihat sedang tersenyum. Sementara itu, tercium aroma wangi tanaman Eucalyptus dari tubuh Eril.


"Masya Allah. Walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apapun, wajah rapih menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril
wangi seperti wangi daun Eucalyptus," tulis Ridwan Kamil di Instagram.

Berhasil menemukan tubuh sang putra dalam keadaan masih baik, Ridwan Kamil menyebutnya sebagai mukjizat dari Sang Pencipta. Ia juga memaparkan penjelasan ilmiah mengenai kondisi tubuh Eril yang ditemukan dalam keadaan utuh.

Ridwan Kamil menjelaskan bahwa Sungai Aare merupakan salah satu kawasan perairan dengan suhu yang dingin. Selain itu, minim hewan yang hidup di sungai tersebut sehingga mengurangi potensi rusaknya jenazah.

Hal itu membuat tubuh Eril tetap terjaga di dasar sungai meski baru ditemukan sejak menghilang pada 26 Mei, atau 2 minggu lamanya hingga jenazah dievakuasi.

"Penjelasan ilmiah kenapa jasadnya utuh: Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna, membuat jasadnya terjaga setengah membeku sehingga tetap utuh lengkap walau berada di dasar sungai selama 14 hari," tuturnya.

Banner Risiko Hamil di Usia 35 Tahun

Jenazah Emmeril Kahn Mumatdz langsung dibawa ke Rumah Sakit Bern usai dievakuasi dari Sungai Aare. Dalam prosesnya, Ridwan Kamil terus mendampingi jasad sang pura hingga selesai dimandikan.

"Alhamdulillah. Di Rumah Sakit Bern, sesaat setelah memandikan jenazah Eril," kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga tak henti bersyukur atas keajaiban yang dilimpahkan kepada sang putra, Bunda. Ia tak menyangka tubuh Eril sangat dilindungi di Sungai Aare.

"Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri. Maha Besar Allah, atas ijinMu, selama 14 hari sungai Aare benar-benar melindungi dan mensucikan jasadnya dari marabahaya. Hai Eril, saatnya kamu pulang ke tanah air, untuk menghaturkan terima kasih kepada jutaan yang mendoakanmu," tuturnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil dan Atalia juga membagikan progres mereka saat mengurus jenazah Eril. Baca di halaman selanjutnya.

Saksikan juga video tentang ungkapan rindu Atalia kepada mendiang Eril:

[Gambas:Video Haibunda]



RIDWAN KAMIL MENGURUS JENAZAH ERIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!