sign up SIGN UP search
Ilustrasi Ibu dan Anak

Bundapedia

Authority Parenting

Nanie Wardhani   |   Haibunda

Setiap orang tua pasti memiliki pola asuh yang berbeda-beda. Salah satu pola asuh yang bisa diterapkan dan memiliki banyak manfaat bagi Si Kecil adalah authority parenting.

Pola asuh ini memiliki banyak manfaat jangka panjang bagi Si Kecil. Selain itu, authority parenting akan membuat Si Kecil banyak belajar tentang lingkungan di sekitarnya dan pengaruh dari tindakan mereka.

Jadi, apa itu authority parenting dan apa saja manfaatnya?


Apa itu authority parenting?

Authority parenting adalah salah satu gaya parenting yang menekankan penegakan aturan dan disiplin. Orang tua yang menerapkan authority parenting berusaha untuk menjadi pemimpin dalam keluarga dengan menggunakan pengaruh positif dan tegas.

Orang tua yang menerapkan authority parenting mengajarkan aturan dan menjelaskan alasan di balik aturan tersebut. Mereka akan berusaha membuat anak-anak mereka memahami tujuan dari aturan yang diterapkan, bukan hanya mengikuti aturan tersebut tanpa alasan.

Mereka juga akan berusaha memberikan anak-anak mereka kesempatan untuk berlatih menghadapi konsekuensi dari tindakan mereka. Orang tua yang menerapkan authority parenting akan menghargai pilihan anak-anak mereka, namun tetap berpegang teguh pada aturan yang diterapkan.

Authority parenting berusaha mengarahkan anak-anak dengan cara yang positif dan tegas, daripada menggunakan kekerasan. Dengan cara ini, anak-anak akan belajar menghargai aturan dan norma sosial, dan belajar untuk menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab.

Ciri-ciri authority parenting

Authority parenting adalah gaya tingkah laku orang tua yang menyatukan kedisiplinan dengan kasih sayang. Gaya tingkah laku ini menekankan pada komunikasi yang terbuka dan menegaskan pada anak untuk mematuhi aturan yang telah ditentukan.

Berikut adalah beberapa ciri dari authority parenting:

1. Komunikasi terbuka

Orang tua yang bersifat authority membuka komunikasi yang jelas dan terbuka dengan Si Kecil. Bunda bisa mencoba untuk mendengar dan memahami pandangan dan pendapat Si Kecil. Sehingga Si Kecil merasa didengar dan dihargai.

2. Membuat aturan

Pola asuh ini menetapkan aturan dan memberikan batasan yang jelas pada Si Kecil. Mereka menegaskan bahwa anak-anak harus mematuhi aturan dan melakukan apa yang telah ditentukan dalam artian yang baik.

3. Memberi pujian

Orang tua dengan pola asuh ini menghargai Si Kecil dengan memberi pujian ketika mereka melakukan hal yang benar. Mereka juga menunjukkan dukungan dan kepercayaan pada Si Kecil dengan cara memuji hasil kerja mereka.

4. Menjadi contoh

Hal terberat bagi orang tua adalah menjadi contoh bagi anak mereka. Dengan pola asuh authoritative, Bunda harus dan bisa menjadi contoh bagi Si Kecil. Bunda mengajarkan Si Kecil tentang nilai-nilai seperti kejujuran, kesetiaan, kerja keras, dan tanggung jawab.

Dengan menggunakan authority parenting, Bunda dapat membantu Si Kecil untuk mengembangkan keterampilan sosial yang baik dan meningkatkan kemampuan mereka untuk bertanggung jawab.

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi authority parenting/ Foto: Getty Images/iStockphoto/

Manfaat dari authority parenting

Authority parenting adalah pola asuh orang tua yang menggabungkan keterlibatan, disiplin, dan pengertian. Pola asuh ini menjadi salah satu cara orang tua untuk membantu Si Kecil berkembang secara optimal. 

Manfaat dari authority parenting sangat banyak. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Membuat anak-anak merasa dicintai

pola asuh authority parenting menekankan pentingnya menciptakan ikatan emosional yang kuat antara orang tua dan anak, sehingga anak-anak merasa dicintai, dihargai, dan diingatkan bahwa mereka merupakan bagian penting dari keluarga.

2. Memberikan disiplin yang konsisten

Orang tua yang menggunakan pola asuh authority parenting akan menekankan pentingnya menciptakan disiplin yang konsisten, tetapi juga fleksibel. Bunda bisa memulai menghargai perasaan dan emosi Si Kecil, sehingga pengalaman belajar dan tumbuh mereka lebih positif.

3. Membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial

Pola asuh authority parenting menekankan pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung, di mana Si Kecil dapat belajar dan membangun keterampilan sosial penting.

Dampak kepada keterampilan sosial akan menjadi pembeda Si Kecil dari teman-teman sekitarnya.

1. Menumbuhkan kepercayaan diri

Pola asuh authority parenting akan selalu memberikan dukungan dan pengakuan yang positif kepada Si Kecil, sehingga membantu anak-anak menumbuhkan kepercayaan diri dan meningkatkan kinerja mereka.

Authority parenting adalah salah satu pola asuh yang bermanfaat bagi anak-anak. Dengan melakukan pola asuh ini, orang tua dapat membantu Si Kecil tumbuh dengan baik dan mencapai potensi mereka secara optimal.

Tips untuk melakukan authority parenting

Authority parenting adalah salah satu strategi parenting yang menggabungkan kasih sayang dan kontrol dalam keseharian. Ini bertujuan untuk memberikan pendidikan yang baik pada anak-anak, menjadikan mereka orang dewasa yang berhati-hati. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan authority Parenting.

1. Berikan nilai-nilai dan budaya

Sangat penting bagi orang tua untuk mengajari anak-anak nilai-nilai, norma, dan budaya. Ini akan membantu mereka menjadi manusia yang baik. Ini tidak hanya akan berdampak kepada Si Kecil, tapi juga untuk lingkungan tempat ia bertumbuh.

2. Berikan batasan

Batasan yang jelas dan konsisten merupakan hal yang penting dalam parenting yang kuat. Ini akan memastikan bahwa anak-anak tahu apa yang diharapkan dari mereka dan membantu mereka untuk mengikuti aturan.

Dengan begitu, Si Kecil akan menjadi terbiasa untuk memahami alasan dibalik batasan tersebut, dan terbiasa mengikuti aturan umum di luar rumah.

3  Jadilah role model

Jadi role model untuk Si Kecil. Tunjukkan mereka bagaimana cara menjadi orang yang baik dengan cara yang positif dan konstruktif. Pastikan komunikasi dua arah berjalan dengan lancar.

4. Berikan kebijakan

Bukan hukuman, tapi berikan kebijakan yang jelas dan jangan ragu untuk memastikan bahwa mereka diikuti. Ini akan membuat anak-anak tahu bahwa anda memiliki standar tinggi dan mereka harus menaatinya.

5. Beri pengakuan

Tidak kalah penting untuk Bunda berikan adalah memberikan pengakuan kepada Si Kecil ketika mereka melakukan hal-hal yang baik. Jangan lupa untuk berterima kasih atas keterampilan dan keberhasilan.

6. Berikan kontrol yang adil

Ini adalah poin yang sangat penting. Saat peraturan dilaksanakan dan Si Kecil melanggarnya, jangan terlalu keras atau terlalu lunak. Berikan kontrol yang adil dan beri mereka waktu untuk tumbuh dan berkembang dengan sendirinya.

7. Beri kesempatan untuk berbicara

Berikan kesempatan kepada Si Kecil untuk berbicara tentang pikiran dan perasaan mereka. Kebijaksanaan Bunda akan membantu Si Kecil menjadi orang dewasa yang lebih baik.

8. Berikan waktu dan perhatian

Berikan waktu dan perhatian kepada Si Kecil. Ini akan membantu mereka tumbuh dan berkembang dengan baik.

Dengan mengikuti tips di atas, Bunda dapat menjadi orang tua yang bijak dan berpengaruh. Ini akan membantu Si Kecil menjadi orang dewasa yang baik dan bermoral. Itulah pengertian dari authority parenting, semoga bermanfaat.

 

Share yuk, Bun!
Tahukah Bunda
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!