sign up SIGN UP search


cerita-bunda

Curhat Ketakutan Ibu Baru Bareng HaiBunda; Stop Mom-Shaming!

Zika Zakiya Sabtu, 21 Dec 2019 13:40 WIB
Hasil riset menyebut Mom-Shaming jadi ketakutan utama para Bunda yang baru saja menjadi ibu. caption
Jakarta - Pernahkah Bunda dipermalukan hanya karena memiliki pilihan berbeda sebagai seorang ibu? Padahal saat itu Bunda baru saja berganti status dan tengah beradaptasi dengan semua kondisi yang ada.

Apakah semua perilaku mempermalukan Bunda itu berasal dari orang terdekat? Itulah yang dinamakan Mom-Shaming. Tenang Bun, ternyata Bunda tidak sendiri. Hasil riset yang dilakukan Sleek Baby bersama HaiBunda menyebut bahwa dari 109 orang responden, 43,1 persen di antaranya sangat takut dengan yang namanya Mom-shaming.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Family Communication, Mom-shaming membuat seseorang merasa dirinya rendah dan tidak memenuhi standar sebagai ibu. Perilaku ibu-ibu lain yang sama merendahkannya hanya akan membuat sang ibu baru merasa depresi.


Di sinilah peran acara #bersamamelindungi yang dilakukan Sleek Baby dan HaiBunda. Dikatakan Brand Manager Sleek Baby, Lidwina Nathalia, kampanye yang mereka lakukan saat ini adalah untuk memberikan wadah bagi para Bunda yang mengalami hal sama. 

"Kami sebagai brand mau mencoba mengajak melindungi bersama. Mereka butuh wadah untuk curhat dan menyakinkan bahwa pilihan sebagai Bunda benar," kata Lidwina dalam sharing-session bersama para Bloggers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (20/12).

Enno Lerian, Marissa Nasution, dan tim SleekEnno Lerian, Marissa Nasution, dan tim Sleek/ Foto: Nathania Widya

Bunda yang merasakan Mom-shaming ternyata mencakup dua Bunda seleb; Enno Lerian dan Marissa Nasution. Enno mengalaminya saat pertama kali menjadi ibu, sedangkan Marissa merasakannya hingga saat ini.

"Judgement untuk saya sebagai seorang ibu dimulai sejak anak pertama, Bumi. Mulai dari saya hanya bisa kasih ASI selama tiga bulan," cerita Enno Lerian sebagai salah satu narasumber di acara ini. Hal tersebut diamini oleh artis cantik, Marissa Nasution.

"Saya rasa setiap ibu yang aktif di media sosial pasti pernah merasakan yang namanya Mom-Shaming. Mulai dari tubuh-fisik ibunya, sampai fisik anaknya, semua bisa dikritik," kata Marissa.

Dengan kampanye Sleek Baby #bersamamelindungi dengan HaiBunda, ada pesan yang ingin disampaikan. Bahwa berhentilah mem-Mom Shaming para Bunda. Lebih baik memberi bantuan dari hal paling kecil sehingga bisa memudahkan tugas mereka sebagai seorang ibu baru.

"Bisa dimulai dari hal terkecil, misal 'Sini aku jagain anak kamu satu jam biar kamu bisa istirahat satu jam'. Begitu pun sudah sangat membantu dibanding merendahkan mereka," saran Marissa.

[Gambas:Video Haibunda]

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi