sign up SIGN UP search


haibunda-squad

5 Masalah Ibu Bekerja dalam Manajemen ASI Perah, Begini Saran Pakar Laktasi

Muhayati Faridatun Rabu, 28 Oct 2020 15:24 WIB
ASI perah basi
Breast milk frozen in storage bag and baby lying on background caption

2. ASI perah basi

Bunda pernah mengalami ASI perah basi atau busuk, lalu membuangnya? Hal ini pernah dialami Bunda Gilang dari Bandung. Bunda 29 tahun ini pernah membuang 40 kantung ASI perah karena berbau busuk. Ia menanyakan, apakah ada masalah penyimpanan?

Dijelaskan dokter Sarah, ada beberapa kasus ASI yang dibekukan, dicairkan, lalu dipanaskan, baunya memang anyir seperti bau besi, kalau dirasakan agak amis. Perlu Bunda tahu, itu karena kandungan tinggi lipase, yakni salah satu enzim dalam ASI.

Sebenarnya, kata Sarah, indikator utama apakah kualitas ASI masih bagus atau tidak adalah bayinya. Kalau bayi biasanya minum ASI perah mau, lalu tiba-tiba malas-malasan padahal dalam kondisi dia tidak sakit, dilepeh kayak enggak suka, mungkin ada masalah pada ASI Bunda.


"ASI itu tidak gampang basi. Bahkan ASI yang disimpan dalam frezeer khusus, lalu mati listrik lama sampai 8 jam, ASI bekunya masih bagus. Jadi tidak semudah itu ASI basi," dokter Sarah menjelaskan.

Ia menambahkan, kalau bayi benar-benar tidak mau, semua ASI perah basi mungkin ada masalah penyimpanan. Apakah wadah sudah tertutup rapat, adakah kontaminasi bahan lain, lalu kalau pakai plastik ASI apakah ada kontaminasi sebelumnya, dan saat disimpan di chiller juga bagaimana kondisinya? Jadi, banyak kemungkinan yang harus Bunda cermati ya.

ASI perah bikin bayi jarang BAB
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi