sign up SIGN UP search


haibunda-squad

5 Masalah Ibu Bekerja dalam Manajemen ASI Perah, Begini Saran Pakar Laktasi

Muhayati Faridatun Rabu, 28 Oct 2020 15:24 WIB
Pumping di tempat kerja
Automatic breast pump, mothers breasts milk is the most healthy food for newborn baby. Happy mother with babys at bed room ,home,vintage color caption

4. Pumping di tempat kerja

Ibu menyusui yang kembali bekerja kadang merasa galau saat harus pumping di tempat kerja, apalagi selama pandemi Corona begini. Bagaimana menjamin kebersihan ASI perah juga pompanya? Seperti yang ditanyakan Bunda Dennis dari Tangerang Selatan.

Ia ingin memastikan bagaimana cara sterilisasi pompa ASI saat di kantor, sementara harus digunakan lebih dari dua kali. Bunda mungkin pernah mengalami ya, bagaimana ribetnya pumping di tempat kerja.

Idealnya, kata dokter Sarah, alat perah dicuci dengan sabun khusus alat perah, sterilisasi dengan direndam air panas beberapa menit, masukkan wadah khusus yang kedap, lalu simpan di kulkas atau cooler bag. Lalu, bagaimana kalau itu tidak memungkinkan dilakukan di kantor?


"Bunda bisa siram air panas, jangan dilap pakai tisu, cukup dikibaskan saja sampai agak kering, lalu masukkan kotak khusus yang kedap, lalu masukkan cooler bag," begitu solusi dokter Sarah.

Ia menambahkan, "Kalau lagi pandemi, saya enggak menyarankan simpan di kulkas kantor karena gabung dengan yang lain. Jadi, sebisa mungkin kita bawa semua sendiri, di cooler bag besar itu lebih baik."

Produksi ASI menurun
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi