sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Cara Tingkatkan Problem Solving Skill Anak demi Masa Depan Cemerlang, Simak Bun

Muhayati Faridatun Rabu, 16 Jun 2021 13:48 WIB
preparation of a family breakfast. mother and child son cut bread and eat cookies with milk in morning caption
Jakarta -

Sebagai orang tua, Bunda dan Ayah tentu menginginkan anak meraih masa depan cemerlang. Namun dalam prosesĀ tumbuh kembang bahkan hingga dewasa, Si Kecil tak akan luput dari masalah.

Ya, anak-anak juga bisa mengalami masalah seperti orang dewasa. Hanya saja, mereka belum tentu bisa menyelesaikan sendiri apa yang dihadapinya. Inilah pentingnya meningkatkan kemampuan problem solving sejak dini.

Dikatakan Transpersonal & Name Consultant dari Restructure Nama, Ni Kadek Hellen Kristy Winatasari, S.Psi, M.Ed., orang tua perlu membekali anak dengan problem solving sedini mungkin. Tujuannya agar Si Kecil mampu menghadapi permasalahan dengan apik, Bunda.


"Problem solving skill adalah kemampuan memecahkan masalah dan mengambil keputusan dengan tepat," ujar Hellen kepada HaiBunda.

"Keahlian ini perlu mereka miliki sejak dini supaya mampu menghadapi permasalahan dengan apik, baik saat berinteraksi bersama teman-teman maupun dalam mengerjakan tugas sekolah."

Hellen menambahkan, problem solving skill bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam berpikir logis, kritis, dan sistematis, serta mengembangkan kreativitasnya. Ini juga berkaitan dengan keahlian lain, Bunda. Apa saja?

"Kemampuan mendengar, meneliti, kreativitas, menganalisa, komunikasi, kerja tim, dan pengambilan keputusan," tuturnya.

Nah, bagaimana cara meningkatkan problem solving skill anak? Hellen menjelaskan, ada dua cara efektif yakni meningkatkan Emotional Spriritual Quotient (ESQ) atauĀ kecerdasan emosional dan spiritual.

Cara yang kedua, menurut Hellen, yakni dengan powerful name. Bunda ingin tahu penjelasannya? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga fakta kecerdasan emosional anak yang membuat mereka semangat sekolah, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

KECERDASAN EMOSIONAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!