sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Cara Tingkatkan Problem Solving Skill Anak demi Masa Depan Cemerlang, Simak Bun

Muhayati Faridatun Rabu, 16 Jun 2021 13:48 WIB
KECERDASAN EMOSIONAL
Happy young mother with cute little daughter making focused heart sign with hands, looking at camera. Smiling millennial mom and small girl showing love gesture together, expressing care, affection. caption

Dikatakan Transpersonal & Name Consultant dari Restructure Nama, Ni Kadek Hellen Kristy Winatasari, S.Psi, M.Ed., cara menumbuhkan problem solving skill anak bisa dengan meningkatkan Emotional Spriritual Quotient (ESQ).

Ia menjelaskan, kecerdasan emosional dapat diartikan dengan kemampuan untuk 'menjinakkan' emosi dan mengarahkannya pada hal-hal yang lebih positif.

"Seseorang yang mampu mensinergikan potensi intelektual dan potensi emosional berpeluang jadi manusia-manusia utama, dilihat dari berbagai segi," kata Hellen.


Perlu Bunda ketahui, hubungan antara otak dan emosi berkaitan erat secara fungsional dan saling menentukan. Hellen mengatakan, beberapa penelitian membuktikan, kecerdasan emosional hanya bisa aktif di dalam diri yang memiliki kecerdasan intelektual.

Perilaku kecerdasan emosional

Diterangkan Hellen, manusia dengan EQ yang baik akan mampu menyelesaikan pekerjaan dan bertanggung jawab penuh, mudah bersosialisasi, mampu membuat keputusan yang manusiawi, serta berpegang pada komitmen.

"Orang dengan EQ yang baik dapat memahami perasaan orang lain, dapat membaca yang tersurat dan tersirat, dapat menangkap bahasa verbal dan nonverbal, bisa mengendalikan emosi saat situasi menyenangkan dan menyakitkan," tuturnya.

Bunda perlu catat juga nih, perilaku anak jika memiliki kecerdasan emosional yang baik yakni:

- Menghargai emosi negatif orang lain
- Sabar menghadapi emosi negatif orang lain
- Sadar dan menghargai emosi diri sendiri
- Emosi negatif untuk membina hubungan
- Peka terhadap emosi orang lain
- Tidak bingung menghadapi emosi orang lain
- Tidak menganggap lucu emosi orang lain
- Tidak memaksa apa yang harus dirasakan

Lalu, bagaimana dengan kecerdasan spiritual (SQ)? Baca di halaman selanjutnya ya, Bunda.

KECERDASAN SPIRITUAL & CARA MEMBANGUN ESQ
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!