kehamilan

5 Ciri-ciri Hamil Bermasalah yang Perlu Bunda Tahu

Muhayati Faridatun Kamis, 15 Aug 2019 07:59 WIB
1. Pendarahan dan gejala flu
Pendarahan dan gejala flu
Ciri-ciri hamil bermasalah:

1. Pendarahan

Pendarahan bisa terjadi saat hamil muda maupun hamil tua, Bun. Menurut pakar kesehatan wanita Donnica Moore, MD, pendarahan saat hamil harus selalu dianggap serius.

"Pendarahan apapun selama hamil butuh perhatian segera. Hubungi dokter atau ke instalasi gawat darurat," tegas Moore, dilansir Web MD.

Peter Bernstein, MD, profesor obstetri dan ginekologi di Sekolah Tinggi Kedokteran Albert Einstein dan Pusat Medis Montefiore di York juga mengatakan, "Selama trimester pertama, kalau mengalami pendarahan hebat, sakit perut parah, dan kram seperti menstruasi, bisa jadi itu tanda kehamilan ektopik."

Dijelaskan, kehamilan ektopik terjadi ketika sel telur yang dibuahi tumbuh di tempat selain rahim, serta bisa mengancam jiwa.

2. Pembengkakan

Bengkak di kaki, tangan, atau wajah, disertai sakit kepala atau kejang, umum dialami ibu hamil. Pembengkakan terjadi karena tubuh memproduksi kurang lebih 50 persen lebih banyak darah, juga cairan tubuh untuk memenuhi kebutuhan janin.

"Pembengkakan mungkin dialami kapan saja selama kehamilan. Tapi, banyak yang mulai memperhatikan saat pertengahan kehamilan, serta tidak jarang terjadi peningkatan pembengkakan di trimester akhir," jelas praktisi kesehatan Kim Borneman, dikutip dari Unity Point.


3. Gejala flu

Demam atau panas tinggi saat hamil perlu diwaspadai, Bun. Bisa jadi ini gejala flu. Para ahli mengatakan, penting bagi ibu hamil untuk mendapat vaksin flu karena cenderung berisiko mengalami komplikasi serius saat flu.

Tapi, kalau Bunda terserang flu saat hamil, Bernstein menyarankan, "Jangan buru-buru ke klinik atau rumah sakit karena bisa menyebarkan flu ke ibu hamil lain. Telepon dokter saja dulu."
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi