sign up SIGN UP search


kehamilan

Instruktur Zumba Hamil 6 Bulan Masih Latih Nicky Astria, Bolehkah?

Annisa Karnesyia Senin, 04 Jan 2021 07:06 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Berolahraga Zumba?
A multi-ethnic group of adult men and women are indoors in a gym. They are wearing casual exercise clothing and running shoes. They are doing stretches by touching their toes. A pregnant Asian woman is smiling at the camera. caption

Bolehkah ibu hamil berolahraga zumba?

Olahraga zumba memang cukup populer, Bunda. Gerakan dalam zumba dipercaya bisa membakar kalori dan menguatkan otot tubuh.

Menurut instruktur zumba, Nadya Putriani, olahraga zumba boleh dilakukan siapapun, termasuk ibu hamil. Sebab, zumba itu sebenarnya memiliki banyak kategori yang menyesuaikan kondisi tubuh seseorang.

"Special case mungkin lansia atau yang punya masalah sama lutut, atau ibu hamil, itu namanya zumba gold," kata Nadya kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.


Perlu Bunda tahu, zumba gold memiliki risiko lebih rendah karena tidak banyak gerakan melompat. Selain aman untuk ibu hamil, gerakan ini baik untuk kesehatan tubuh.

"Lebih low risk untuk di bagian pinggul, jadi enggak ada putar pinggul, jadi lebih aman, safety, yang penting bergerak dan meningkatkan metabolisme tubuh itu sendiri," ucap Nadya.

Nah, sebelum mengikuti kelas zumba, ibu hamil sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan ya. Dokter akan melihat catatan medis ibu hamil sebelum memperbolehkan berolahraga zumba.

(ank/muf)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi