sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Memperbanyak Air Ketuban Secara Alami, Bumil Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Selasa, 08 Jun 2021 07:24 WIB
Ibu hamil makan buah caption
Jakarta -

Air ketuban memiliki banyak fungsi vital untuk melindungi janin dalam kandungan. Jumlah air ketuban yang sedikit akan memengaruhi perkembangan janin, Bunda.

Dokter biasanya dapat mengetahui kondisi air ketuban Bunda melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG). Indeks air ketuban normalnya adalah 5 sampai 25 cm.

"Jika tubuh memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit air ketuban, maka itu dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan mulai dari plasenta yang retak hingga persalinan prematur," kata dokter obgyn, Dr. Sabiha Anjum, dilansir Parenting Firstcry.


Ketika air ketuban kurang dari 5 cm, maka Bunda bisa dipastikan mengalami oligohidramnion. Kekurangan cairan ketuban perlu diwaspadai karena bisa memengaruhi perkembangan organ janin, seperti tangan, kaki, paru-paru, dan pada kasus yang jarang bisa memengaruhi wajah.

Banner Mbok De BloraBanner Mbok De Blora/ Foto: HaiBunda

Air ketuban yang sedikit perlu dikonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Meski begitu, Bunda bisa juga memperbanyak air ketuban ini dengan cara alami, seperti melansir dari berbagai sumber berikut:

1. Minum air putih

Konsumsi cairan yang cukup dapat menjaga kecukupan air ketuban. Menurut studi di jurnal Obstetrics & Gynecology, hidrasi sangat membantu untuk meningkatkan kadar cairan ketuban pada wanita di usia kehamilan antara 37 sampai 41 minggu.

2. Istirahat total

Istirahat total atau bedrest dapat biasanya disarankan beberapa dokter pada kasus air ketuban yang rendah. Istirahat dengan tidur dapat membantu meningkatkan aliran darah ke plasenta. Pada akhirnya, cara ini bisa membantu meningkatkan air ketuban, Bunda.

"Istirahat di tempat tidur kemungkinan akan disarankan pada trimester kedua atau awal trimester ketiga oleh dokter, terutama sebelum melahirkan," kata perawat, Megan Dix, RN, BSN, dilansir Healthline.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MEMPERBANYAK AIR KETUBAN: JAGA POLA MAKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi