sign up SIGN UP search

kehamilan

Ibu Positif COVID-19 Meninggal Usai Melahirkan Prematur, Pilu Tak Sempat Bertemu Bayi

Annisa Karnesyia Kamis, 17 Jun 2021 09:58 WIB
ISTRI SEMPAT JALANI TRANSFUSI PLASMA
Tangan bayi caption

Sendhie dan Ayu pun menjalani perawatan di RSUD Cempaka Putih setelah dinyatakan positif COVID-19. Keduanya dirawat di dalam satu ruangan yang sama, Bunda.

"Itu kehamilan istri memasuki 32 minggu saat dirawat di RSUD Cempaka Putih. Di hari-hari selanjutnya, istri saya baik-baik saja, saya masih bisa bercanda sama dia," katanya.

Meski kondisinya baik-baik saja, Ayu masih mengalami batuk hebat. Ia juga mudah lelah dan napasnya cenderung ngos-ngosan ketika berjalan ke kamar mandi.


Dokter dan suster pun mulai melakukan pemantauan rutin terkait oksigen darahnya setiap beberapa menit. Setelah itu, kondisi Ayu semakin menurun dan mulai dipasangkan alat medis di tubuhnya. Tak lama, Ayu pun dipindahkan ke ruang ICU.

Kondisi Ayu sempat membaik keesokan harinya, namun dokter menyarankan untuk dirujuk. Saat itu, Ayu pun langsung dirujuk ke RS Fatmawati untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

"Sampai rumah sakit, langsung diberikan obat-obatan. Beberapa hari kemudian dia nge-drop, oksigen diganti yang lebih hebat atau di bawahnya ventilator. Dia juga sudah melakukan transfusi plasma dan minum vitamin. Setelah itu dia merasa enakkan," kata Sendhie.

Pada pagi, tanggal 3 Juni, kondisi Ayu kembali drop. Dokter anestesi dan kandungan pun memutuskan untuk melakukan tindakan operasi caesar. Sejak sang buah hati lahir, sejak saat itu juga dia sudah tidak bisa berkomunikasi dengan sang istri. Akhirnya, Ayu meninggal tanggal 9 Juni 2021. Sehari sebelumnya, ibu kandung Sendhie juga meninggal dunia.

Sehari setelah istrinya meninggal, donasi bayi Danisha banyak dibagikan di grup percakapan hingga media sosial. Donasi ini dibuat oleh sahabat Sendhie atas izinnya.

"Saya tidak kepikiran (donasi) karena hari Selasa ibu kandung saya meninggal, hari Rabu istri saya meninggal, saya tidak bisa berbuat banyak, ditambah anak kedua saya di rumah sakit, anak pertama saya di rumah masih kecil. Akhirnya dia minta izin untuk share tapi dia mencantumkan rekening saya, dari situ nyebar ke taman-teman almarhum istri dan di-share juga dari mulut ke mulut saja," ungkapnya.

Kita doakan semoga kondisi bayi Danisha cepat membaik dan segera berkumpul bersama keluarganya di rumah ya, Bunda.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!