sign up SIGN UP search


kehamilan

Ibu Hamil Masuk Angin Ternyata Boleh Kerokan, Simak Aturannya Dulu Yuk

Annisa Karnesyia Kamis, 01 Jul 2021 14:55 WIB
Ibu hamil sakit caption
Jakarta -

Masuk angin adalah istilah umum yang sering kita gunakan untuk menggambarkan kondisi tubuh yang menurun. Biasanya, masuk angin sering ditandai dengan perut kembung hingga tubuh meriang.

Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr.Ilham Utama Surya, Sp.OG, masuk angin dalam istilah medis adalah gastritis. Kondisi ini ditandai dengan terbentuknya gas di lambung, sehingga menyebabkan perut terasa kembung.

"Biasanya ini disebabkan karena telat makan atau memang sebelumnya sudah punya penyakit gastritis," kata dokter yang praktik di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo ini kepada HaiBunda, Kamis (1/7/21).


Selain itu, hormon kehamilan juga bisa menyebabkan masuk angin, Bunda. Ilham menjelaskan, kerja hormon selama kehamilan akan membuat otot lambung lebih relaksasi, sehingga produksi asam akan meningkat.

"Kondisi ini bisa diperparah bila Bunda tidak makan atau justru mengonsumsi makanan yang memicu perut kembung," ujarnya.

Banner Reaksi Anak UASBanner Reaksi Anak UAS/ Foto: Mia Kurnia Sari

Bunda enggak perlu khawatir, masuk angin sangat jarang bisa memengaruhi janin. Secara mekanik, lambung sudah sedikit tertekan ketika ukuran rahim terus membesar, sehingga tidak memberikan efek berarti pada janin.

"Makan harus lebih memilih, karena kalau konsumsi makanan yang memproduksi gas, perut akan kembung sehingga membuat kondisi tubuh ibunya enggak enak," kata Ilham.

Untuk menghindari masuk angin, Bunda perlu pantang makanan yang berpotensi membuat gas, seperti kol. Selain itu, hindari makan pedas dan asam ya.

Lalu apakah Bunda hamil boleh kerokan dan dipijat saat masuk angin? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga 7 buah-buahan yang bagus dikonsumsi saat hamil, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

IBU HAMIL BOLEH KEROKAN ASALKAN.....
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!