sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkan Radang Panggul Bikin Susah Hamil? Tandai Gejalanya Bun

Annisa Karnesyia Selasa, 12 Oct 2021 09:30 WIB
Kehamilan Ilustrasi Gejala Radang Panggul/ Foto: iStock
Jakarta -

Radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID) berisiko dialami Bunda di usia subur. Penyakit ini sering ditandai dengan nyeri pada daerah panggul hingga perut bagian bawah, Bunda.

Dalam situs resminya, American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menjelaskan bahwa radang panggul adalah infeksi pada organ reproduksi wanita yang terjadi ketika bakteri masuk dari vagina ke dalam rahim, ovarium, atau tuba falopi.

"Bakteri ini dapat menyebabkan abses di tuba falopi atau ovarium. Masalah jangka panjang dapat terjadi bila radang panggul tidak segera diobati," tulis ACOG.


Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), 1 dari 8 wanita dengan riwayat penyakit ini bisa kesulitan untuk hamil. Penyebab paling umum infertilitas adalah saluran tuba yang tersumbat.

Saluran biasanya akan tersumbat karena perlengketan yang disebabkan peradangan. Penyumbatan ini biasanya lebih sering ditemukan di dekat ovarium, Bunda.

"Ketika penyumbatan berada di dekat ovarium, lebih sulit untuk diobati dengan pembedahan," kata Perawat Rachel Gurevich, RN, dilansir Very Well Family.

Radang panggul bisa menyebabkan kehamilan ektopik

Radang panggul umumnya diidap wanita yang aktif secara seksual, Bunda. Mengutip buku Promil Tanpa Galau karya Teman Bumil, penyakit ini disebabkan oleh bakteri dari infeksi menular seksual yang menyebar ke organ reproduksi wanita.

Jika tidak segera ditangani, radang panggul bisa menyebabkan nyeri panggul kronis dan kehamilan ektopik lho. Gejala yang dialami saat terkena penyakit ini adalah nyeri di daerah panggul, nyeri perut bagian bawah, nyeri saat buang air kecil, dan nyeri saat berhubungan seksual.

Radang panggul yang berulang bisa membuat kondisi organ reproduksi rentan terhadap bakteri. Bunda yang mengalami kondisi ini harus menjalani pengobatan sampai tuntas agar terhindari dari infeksi berulang.

Lalu pengobatan apa yang harus dijalani untuk radang panggul ya, Bunda. Baca halaman berikutnya.

Simak juga cerita Derby Romero soal kabar kehamilan pertama istrinya, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENANGANAN RADANG PANGGUL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!