KEHAMILAN
Terbukti Ilmiah, Minuman Bersoda Kurangi Kesuburan Baik Pria Maupun Wanita
Melly Febrida | HaiBunda
Senin, 23 May 2022 07:00 WIBJakarta - Untuk pasangan suami istri yang tengah menjalani program hamil, biasanya akan disarankan menghentikan konsumsi soda. Pasalnya, minuman bersoda terbukti menurunkan tingkat kesuburan.
Bukan mitos Bunda, hal tersebut merupakan hasil penelitian yang tercantum dalam jurnal Epidemiology. Dijelaskan, minum satu atau lebih minuman manis seperti soda setiap harinya berhubungan dengan berkurangnya kesuburan, baik itu pada pria maupun wanita.
"Kami menemukan asosiasi positif,” kata penulis studi utama Elizabeth Hatch, yang merupakan profesor epidemiologi. Asosiasi positif yang dimaksud itu adalah antara asupan minuman manis dan berkurangnya kesuburan.
Kesimpulan itu didapatkan setelah mengaitkannya dengan banyak faktor lainnya, termasuk obesitas, asupan kafein, alkohol , merokok, dan kualitas diet secara keseluruhan.
"Pasangan yang merencanakan kehamilan mungkin perlu mempertimbangkan membatasi konsumsi minuman ini, terutama karena mereka juga terkait dengan efek kesehatan yang merugikan lainnya," kata Hatch.
Dilansir Medical News Today, minuman soda juga terkait dengan menstruasi awal dan kualitas semen yang buruk. Namun, beberapa penelitian menyelidiki efek langsung dari minuman soda terhadap kesuburan.
Untuk menyelidiki lebih lanjut hubungan antara minum soda dan infertilitas, para peneliti dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Boston di Massachusetts mensurvei 3.828 wanita, semuanya berusia antara 21 dan 45 dan 1.045 pasangan prianya.
Dari survei itu, tim mengumpulkan data riwayat medis peserta, faktor gaya hidup, dan diet. Peserta wanita juga mengisi kuesioner perkembangan setiap 2 bulan sampai mereka hamil atau dalam 12 bulan berakhir.
Setelah mengevaluasi data peserta penelitian, para peneliti mengungkapkan minum soda berhubungan dengan berkurangnya rata-rata probabilitas bulanan konsepsi pria dan wanita sebanyak 20 persen.
Wanita yang minum setidaknya satu soda per hari menunjukkan probabilitas konsepsi bulanan 25 persen lebih rendah, sedangkan pria yang minum setidaknya satu soda per hari memiliki probabilitas 33 persen lebih rendah untuk berhasil hamil dengan pasangannya.
Efek samping minuman soda ini tidak hanya terbatas pada konsepsi alami tetapi juga berimplikasi jika Bunda ingin menggunakan mengejar perawatan kesuburan seperti IUI & IVF.
Meski minuman soda berhubungan dengan kesuburan, para peneliti tidak menemukan hubungan yang kuat antara infertilitas dan minum jus buah atau soda diet.
Untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan bagaimana minuman bersoda memengaruhi kesuburan di halaman selanjutnya, Bunda.
Saksikan juga yuk video tentang 4 manfaat buah kiwi untuk program hamil:
EFEK MINUMAN SODA UNTUK KESUBURAN DAN KESEHATAN TUBUH
Halaman Selanjutnya
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
15 Makanan Program Hamil untuk Suami, Bagus untuk Kesuburan & Bikin Cepat Hamil
Ingin Lakukan Program Hamil Tanpa Ke Dokter? Coba Konsumsi 7 Sayuran Ini
Bunda dan Ayah Sedang Promil? Hindari Sementara 5 Makanan Ini Ya
Buah Zuriat Tingkatkan Kesuburan agar Cepat Hamil, Mitos atau Fakta?
TERPOPULER
Potret Rumah Baru Dinda Hauw & Rey Mbayang Dilengkapi Kolam Renang, Masih Proses Pembangunan
125 Kata-kata untuk Anak Perempuan Kecil Tersayang yang Menyentuh Hati
15 Nama Artis Indonesia Berawalan O dan Artinya, Bagus Penuh Makna
Cerita Afifah Yusuf, Merasa Haru Berhasil Menyusui & Menyapih Dua Anak selama 2 Th
Ciri Kepribadian Orang yang Gampang Menangis, Bukan Berarti Lemah
REKOMENDASI PRODUK
5 Rekomendasi Lampu LED Emergency, Cadangan saat Kena Pemadaman Listrik
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
9 Label Nama Buku Aesthetic untuk Buku Pelajaran Anak
Nadhifa FitrinaREKOMENDASI PRODUK
7 Bantal Menyusui Multifungsi Terbaik yang Bagus & Nyaman untuk Ibu & Bayi
Annisa KarnesyiaREKOMENDASI PRODUK
9 Bumbu Masak Instan untuk Masakan Enak dan Praktis
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
5 Rekomendasi Pashmina Viscose yang Bagus, Adem, dan Nyaman Dipakai Seharian
Amira SalsabilaTERBARU DARI HAIBUNDA
Ciri Kepribadian Orang yang Gampang Menangis, Bukan Berarti Lemah
125 Kata-kata untuk Anak Perempuan Kecil Tersayang yang Menyentuh Hati
Amankah Kacang Arab untuk Ibu Hamil? Kenali Manfaat, Samping & Cara Mengolahnya
Potret Rumah Baru Dinda Hauw & Rey Mbayang Dilengkapi Kolam Renang, Masih Proses Pembangunan
15 Nama Artis Indonesia Berawalan O dan Artinya, Bagus Penuh Makna
FOTO
VIDEO
DETIK NETWORK
-
Insertlive
Tengku Dewi Pilih Jujur ke Anak soal Perceraian dan Istri Baru Andrew Andika
-
Beautynesia
6 Buah yang Cocok Dikonsumsi saat Cuaca Panas
-
Female Daily
Pencinta Bola Merapat! Adidas Home of Football Resmi Hadir di Jakarta
-
CXO
GOT7 Rilis Album Baru, Persiapan Harus Lewat Video Call Karena Hal Ini
-
Wolipop
9 Drama Korea Terbaik Peraih Daesang yang Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup
-
Mommies Daily
7 Event Seru 15–21 Juni 2026, dari ARTJOG hingga Sunset di Kebun