sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Negara dengan Jatah Cuti Hamil Terbanyak di Dunia, Ada yang Sampai 1 Tahun

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 17 Jun 2022 18:10 WIB
KROASIA DAN CHILI CUTI HAMIL HINGGA 30 MINGGU
Ibu Hamil caption

3. Britania Raya

Kebijakan cuti hamil dan melahirkan di Britania Raya sama seperti Yunani. Bunda bekerja dapat mengajukan cuti berbayar 39 minggu dengan maksimum 52 minggu, termasuk sisa waktu yang tidak dibayar.

Bunda bekerja yang cuti hamil akan menerima 90 persen pendapatan rata-rata mingguan mereka selama setidaknya 6 minggu. Sisa cuti dibayar dengan tarif yang lebih rendah.

Cuti hamil di negara ini dimulai dalam waktu 4 minggu dari tanggal jatuh tempo bila karyawan tidak masuk kerja karena alasan yang berhubungan dengan kehamilan, atau setelah melahirkan dalam kondisi sehat.


4. Kroasia

Cuti hamil dan melahirkan di negara ini adalah 30 minggu. Biasanya, cuti dimulai 28 hari sebelum melahirkan dan sampai usia anak 6 bulan. Cuti tambahan dapat diajukan sesuai kebutuhan.

Pekerja yang cuti akan dibayar 100 persen dari gaji mereka, kecuali pekerja tidak tetap. Mereka akan mendapatkan tunjangan bersalin yang dibayarkan melalui program jaminan sosial dan diperhitungkan dalam iuran wajib atasan.

5. Chili

Chili membuat kebijakan cuti hamil selama 30 minggu atau minimal 18 minggu. Bunda bekerja berhak cuti 6 minggu sebelum melahirkan dan 12 minggu setelah persalinan.

Menurut Undang-undang di sana, komplikasi sebelum atau setelah melahirkan dapat memperpanjang waktu cuti, misalnya kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah mendapatkan tambahan 6 minggu cuti setelah melahirkan.

Nah, cuti hamil standar dibayar oleh sistem jaminan sosial di Chili. Namun bila diperlukan lebih banyak waktu, pekerja dapat mengambil cuti fleksibel tambahan selama 12 minggu (maksimal 30 minggu).

(ank/rap)
kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!