sign up SIGN UP search


kehamilan

Ria Ricis Alami Anemia & Gula Darah Tinggi Jelang Persalinan, Bikin Suami Khawatir

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 21 Jun 2022 15:08 WIB
Ria Ricis Jelang Persalinan, Ria Ricis Alami Anemia & Gula Darah Tinggi/ Foto: Instagram @riaricis1795
Jakarta -

Ria Ricis tengah menanti kelahiran anak pertamanya. Istri Teuku Ryan ini pun kembali menjalani pemeriksaan rutin ke dokter kandungan sambil ditemani suaminya.

Jelang persalinan, Ricis justru didiagnosis anemia oleh dokter, Bunda. Tak hanya itu, gula darah Ricis juga tinggi atau mengalami sakit gula selama kehamilan.

"Anemia si wajar-wajar saja sebenarnya pada ibu hamil karena adik bayi makin besar berarti kebutuhan dia juga makin banyak, tergantung zat besinya kita kan. Kalau zat besi kita enggak oke, Hb-nya turun," kata Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr. Agriana Puspitasari, Sp.OG kepada Ricis, dikutip dari YouTube Ricis Official, Selasa (21/6/22).


Dari hasil pemeriksaan, kadar Hb (hemoglobin) Ricis adalah 10,8 g/dL (gram per desiliter). Menurut standar, seharusnya kadar Hb normal ibu hamil adalah 11 g/dL, Bunda.

Banner Lahirkan Bayi Down SyndromeLahirkan Bayi Down Syndrome/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

"Kurangnya sedikit saja sih, minimal kan seharusnya 11, kamu 10,8 jadi kurang 0,2 saja. Nanti aku kasih penambah darah, enggak masalah," ujar dokter Agriana.

Setelah menjelaskan tentang anemia, dokter kandungan Ricis ini lalu membeberkan hasil cek gula darah wanita 26 tahun itu. Menurutnya, kadar gula darah Ricis tinggi, baik yang puasa atau setelah jeda makan.

"Tapi, gulanya agak tinggi. Kan gula darah puasa maksimal 96 (mg/dL), kamu cuma 82. Tapi setelah dikasih gula harusnya 1 jam itu maksimal 180, kamu 214. Yang 2 jam harusnya maksimal 154, kamu 158. Jadi ada 2 marker agak tinggi gulanya. Ini yang kita sebut sakit gula dalam kehamilan," ungkap dokter Agriana.

Dokter lalu menjelaskan tentang penyebab gula darah Ricis naik, Bunda. Menurut dokter, hal ini dapat terjadi karena pengaruh hormon kehamilan.

Dokter juga mengatakan, Ricis termasuk Bumil yang berisiko mengalami sakit gula selama kehamilan. Sebab, metabolisme gulanya terganggu karena pengaruh hormon.

"Semua ibu hamil punya risiko sakit gula selama kehamilan karena memang hormon hamil itu bikin mungkin gangguan metabolisme gula. Tapi ada ibu-ibu yang terganggu, ada yang enggak terganggu," ujar dokter.

Dalam kunjungan itu, dokter juga menjelaskan penanganan sakit gula ini pada Ricis. Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 makanan yang dapat mencegah anemia pada Bumil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
RIA RICIS DIRUJUK KE DOKTER SPESIALIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!